Closing Meeting Asessmen External Badilag

Writed By admin : Tanggal 2018-12-03

CLOSING MEETING ASESMEN EKTERNAL BADILAG

DI PENGADILAN AGAMA KOTABARU


Setelah melalui proses yang cukup panjang selama tiga hari berturut-turut assesment eksternal melaksanakan tugas dalam rangka penilaian Akreditasi Penjaminan Mutu PengadilanAgama pada PA Kotabaru, maka pada hari Sabtu tanggal 1 Desember 2018 tepat jam 11.00 siang kegiatan ini ditutup melalui acara closing meeting, bertempat  di Ruang Sidang PA Kotabaru yang diikuti oleh seluruh pegawai beserta honorer PA Kotabaru serta assessor eksternal badilag, Ibu Hj. Siti Romiyani, S.H.,M.H sebagai Lead Asesor dan asesor pendamping dari PTA. Kalsel Bapak Hendriansyah, S.H.,M.H., (Sekretaris PTA. Kalsel) dan Bapak Fachruji, S.H  serta Ahmad Syarif Fuadi.

Kegiatan closing meeting ini dibuka dengan membaca Basmalah kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu “bagimu negeri” serta dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Bapak Abd. Hamid, S.H (Panitera Pengganti) PA Kotabaru.

Kemudian sambutan berturut-turut diawali dari Ibu Hj. Aslamiah, S.Ag.,M.H, Ketua Pengadilan Agama Kotabaru selaku Top Manajemen dan dilanjutkan sambutan dari ketua APM Bapak Achmad Sya’rani, S.H.I dalam sambutannya beliau “senada” menyampaikan pertama ucapan terima kasih atas kesediaan tim asesor yang telah melaksankan penilaian hasil kerja dan kinerja seluruh pegawai di Pengadilan Agama Kotabaru, yang pasti ini adalah hasil kerja maksimal dari kami seluruh Pegawai Agama Kotabaru, dengan segala keterbatasan baik SDM, personil maupun sarana dan prasarana “ ujar beliau, namun hal tersebut bukanlah menjadi alasan untuk selalu berbuat dan bekerja dengan baik dan Profesional sesuai dengan tupoksi masing-masing.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyampaian beberapa poin hasil assesmen eksternal yang langsung disampaikan oleh Lead Assessor Ibu Siti Romiyani, S.H.,M.H, yang pertama beliau mengungkapkan rasa senang dan bangganya “terakhir saya berkunjung ke PA Kotabaru pada tahun 2016 dan pada waktu masih banyak perlu di benahi terutama dibidang administrasi, dan setelah 3 hari saya melakukan asesmen di PA Kotabaru, Alhamdulillah sudah banyak sekali kemajuan yang sudah dilaksanakan disini, seluruh pegawai Pengadilan Agama Kotabaru terlihat sangat kompak, kebersihan kantor sudah bagus dan tetap terus dipertahankan dan ditingkatkan, kemudian untuk PTSP sudah berjalan dengan baik dan sudah sesuai dengan buku acuan dari Badilag “ujar beliau.  Sedangkan untuk pemeriksaan dokumen, wawancara, observasi dan telusur langsung kepada pelaksana memang ada beberapa temuan dan harus segera di perbaiki dan ditindak lanjuti. Pada intinya akreditasi penjaminan mutu peradilan agama ini akan berjalan dan sukses apabila semua unsur saling mendukung dan bekerjasama serta  adanya perencanaan yang matang, sehingga kita dapat mengukur kinerja dan kendala yang ada serta mengetahui kelemahan dan kekuatan di Pengadilan Agama Kotabaru.

Selanjutnya setelah menyampaikan hasil temuan dan dibuat dalam bentuk kontrak kinerja permintaan perbaikan yang ditandatangani oleh Top Manajemen, Ketua APM, Koordinator Asesor Internal, Koordinator SKM serta Koordinator Pengendali dokumen  dan diketahui oleh Tim Asesor Ekternal, maka permintaan perbaikan dari Asesor ekternal akan ditindak lanjuti dan akan segera di perbaiki dalam tenggang waktu 1 bulan.

Dengan berakhirnya penyampaian hasil asesmen ekternal dari Lead Asesor Badilag, maka selesailah acara closing meeting dan semoga Pengadilan Agama Kotabaru mendapat nilai yang baik sesuai harapan bersama namun yang lebih penting dari itu selesainya penilaian bukan akhir dari kegiatan APM namun sebaliknya merupakan awal bagaimana kita merubah pola pikir dalam bekerja dalam suatu lembaga peradilan, sehingga nilai–nilai yang terkandung dalam Visi Misi, Maklumat Pelayanan, Kebijakan Mutu, SOP dan lain sebagainya yang termuat dalam dokumen APM bukan hanya dokumen dan selogan yang hanya tersimpan rapi di dalam lemari penyimpanan arsip APM serta terpampang rapi di dinding kantor pengadilan, namun yang lebih penting dari itu, bagaimana kita mengimplementasikan slogan dan janji yang telah kita ucapkan dalam wujud nyata dengan memberikan pelayanan yang terbaik dan prima terhadap masyarakat pencari keadilan..PA Kotabaru Mantap (Mandiri, Transparan, Akuntabel dan Profesional)..Bersama Insya Allah Kita Bisa..