Sidang Keliling PA Kotabaru di desa Tegal Rejo Kecamatan Kelumpang Hilir Kabupaten Kotabaru


Writed By admin : Tanggal 2019-04-04

Kotabaru (04/04/2019) Kamis pagi,tepanya pukul 08.00 WITa, Majelis Hakim Pengadilan Agama Kotabaru yang terdiri dari Hj. Aslamiah S.Ag M.H (Ketua Majelis), Achmad Sya'rani SHI dan Adriansyah SHI (Hakim-Hakim Anggota), Dengan dibantu oleh Mashunatul Khairiyah, S.H.I., M.H dan H.Ahmad Salim Ridha, S.Ag sebagai Panitera Pengganti, berangkat menuju Desa Tegal Rejo, Kecamatan Kelumpang Hilir, Kabupaten Kotabaru untuk melaksanakan Sidang Keliling.

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Pengadilan Agama Kotabaru untuk meningkatkan Pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan serta untuk mengimplementasikan asas peradilan, yaitu sederhana, cepat dan biaya ringan.

Perjalanan menuju Desa tegal rejo, Kecamatan Kelumpang Hilir Kabupaten Kotabaru harus ditempuh melalui Pelabuhan Fery Stagen menuju Pelabuhan Fery Tarjun terlebih dahulu untuk menyeberangi lautan sekitar 1 (Satu) jam. Setibanya di Desa Tarjun, Rombongan PA Kotabaru kembali menempuh jalur darat selama 1(satu) jam perjalanan dengan diselingi pemandangan pohon sawit dan gunung kapur hingga sampai di Kantor Desa Tegal Rejo, Kecamatan Kelumpang Hilir Kabupaten Kotabaru untuk bersidang.

Kemudian sidang dibuka oleh ketua majelis pada pukul 10.15 WITa di aula kantor Desa Tegal Rejo, Kecamatan Kelumpang Hilir, Ada 5 (Lima) Perkara yang disidang oleh Majelis Hakim dengan hasil 2 (dua) Perkara Putus, dan 3 (Tiga) Perkara ditunda Hari Kamis tanggal 25 April 2019 yang akan kembali dilaksanakan di Aula Kantor Desa Tegal Rejo Kelumpang Hilir, Kabupaten Kotabaru

Menurut para pihak yang mengajukan Perkara melalui Sidang Keliling, Bahwa pelaksanaan Sidang Keliling ini sangat membantu karena perjalanan dari rumah menuju tempat sidang keliling jauh lebih  dekat dibandingkan untuk bersidang ke Pengadilan Agama Kotabaru.

Selain itu Sidang Keliling juga menjadi hiburan tersendiri bagi tim pelaksana Sidang Keliling karena dapat melihat suasana alam pedesaan yang sejuk dan dapat menghirup udara segar jauh dari polusi. Oleh karena itu pelaksanaan Sidang Keliling ini selalu ditunggu - tunggu oleh tim meskipun tempat sidangnya berada dipelosok Desa jauh dari perkotaan tetapi tim selalu siap dan semangat demi membantu Masyarakat pencari keadilan dan demi kemajuan Pengadilan Agama Kotabaru


Eny Rianing Taro, S.Ag., M.Sy. Ketua PA Kotabaru

Informasi yang cepat, akurat, dan dapat dijangkau oleh semua kalangan adalah harapan terbesar kami...

Statistik Pengunjung

Pemda Kotabaru