Surveillanance APM sekaligus Pembinaan dan Pengawasan di Pengadilan Agama Kotabaru


Writed By admin : Tanggal 2019-11-21

Telah Dikungjungi Sebanyak 39 Kali

Kamis 14 November 2019, Dalam rangka memantau dan mengukur konsistensi penerapan Akreditasi Penjamin Mutu (APM), Assesor Eksternal APM melaksanakan Asesssment Surveillance pada Pengadilan Agama Kotabaru. Panitera Pengadilan Tinggi Banjarmasin  Hj. Siti Romiyani, S.H., M.H, selaku Ketua Tim  Assesor Eksternal APM dari Badilag, dan dibantu oleh Nursila Sari, S.Sos., M.M. dan Agustian, S.Kom. selaku anggota tim assessor eksternal melakukan observasi terhadap implementasi sistem APM pada Pengadilan Agama Kotabaru dengan meninjau langsung area pelayanan, inovasi, fasilitas publik hingga sistem kerja pada Pengadilan Agama Kotabaru.


Mengawali acara assesment implementasi APM, Hj Eny Rianing Taro S.Ag. M.Sy., Ketua PA Kotabaru selaku Top Manajemen APM mempresentasikan “Evaluasi Implementasi Akreditasi Penjaminan Mutu pada Pengadilan Agama Kotabaru” di hadapan Tim Assesment Eksternal dari Badilag, para Hakim, Panitera, Sekretaris, Pejabat Struktural dan Fungsional serta para Staf Pengadilan Agama Kotabaru.


Sementara itu Ibu Hj. Siti Romiyani, S.H., M.H. menyatakan bahwa maksud diadakannya Asessmen Surveillance ini adalah untuk memantau dan mengukur konsistensi penerapan Akreditasi Penjaminan Mutu yang dilaksanakan secara terus menerus dan berkesinambungan dalam rangka meningkatkan mutu layanan kepada para pencari keadilan.

Setelah itu acara di lanjutkan dengan Pembinaan dan pengawasan dilakukan oleh Tim Hatibinwasda yang dipimpin langsung oleh KPTA Banjarmasin, YM. Drs. H. sarif Usman, S.H.,M.H dengan anggota Hatibinwasda PA Kotabaru YM. Drs.H. Anwar Hamidy dan Hendra Surya, S.H.,S.Sos.,MM.. Dan Pengawasan dan pembinaan meliputi di bagian keperkaraan dan kesekretariatan. Dari Keperkaraan meliputi penulisan surat gugatan, penanganan perkara-perkara banding dan dari kesekretariatan antara lain adalah alur persuratan, penulisan surat yang benar, penanganan absen pegawai.

Acara Ekspose dilaksanakan jumat 15 November 2019 tepat pukul 10.00 wita di ruang sidang I PA Kotabaru. Tim Hatibinwasda membacakan beberapa temuan selama melakukan pemeriksaan dan pengawasan di PA Kotabaru. dan dari hasil temuan ini beberapa hal langsung ditindak lanjuti oleh PA Kotabaru. Dengan adanya eksope pengawasan dan pembinaan ini, PA Kotabaru diharapkan bisa tetap mempertahankan hal-hal yang sudah baik dan meningkatkan lagi. Acara ekspose ini diakhiri dengan penyerahan hasil temuan dalam bentuk kontrak kinerja untuk segera ditindak lanjuti sebagaimana mestinya dalam kurun waktu selama 1 bulan.

Pimpinan


Statistik Pengunjung

Pemda Kotabaru