List Berita Pengadilan Agama Kotabaru

Syafiq - 2020-07-03

Pembayaran Biaya Pindah Tenaga Teknis Hakim Tahun Anggaran 2020

       

Kepada Yth. 

Tenaga Teknis Hakim Peradilan Agama
Seluruh Indonesia

Assalamu alaikum wr. wb.

Dengan ini kami sampaikan dengan hormat surat Sekretaris Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor : 2334/DjA.1/KU.01/7/2020, tanggal 3 Juli 2020, perihal "Pembayaran Biaya Pindah Tenaga Teknis Hakim Tahun Anggaran 2020 ".

Demikian, terima kasih.

Wassalamu'alaikum wr. wb.

Untuk mendownload surat dan lampiran, KLIK DI SINI

        


Syafiq - 2020-07-02

Rapor Kinerja Penanganan Perkara Berdasarkan SIPP dan Publikasi Putusan Periode 26 Juni 2020

       

Dengan ini kami sampaikan Rapor Kinerja Penanganan Perkara Berdasarkan SIPP dan Publikasi Putusan Periode 26 Juni 2020 .Demikian, terima kasih.

Wassalamu'alaikum wr. wb.

Untuk mendownload surat, Klik link di bawah ini :

1. Rapor SIPP

2. Rekap Publikasi Putusan

        


Syafiq - 2020-07-02

Tenaga Kontrak PA Kotabaru terima bantuan Mahkamah Agung peduli covid 19

Bencana alam covid 19 yang hingga saat ini belum juga hilang, sebagai bentuk kepedulian Mahkamah Agung terhadap musibah yang melanda bumi ini dengan memberikan bantuan kepada pegawai honorer di lingkungan satuan kerja Mahkamah Agung yang terdampak covid 19

Berdasarkan nomor 58/S/Kel/Bua.6/HM.00/V/2020 tanggal 11 mei 2020 tentang pengiriman bantuan Mahkamah Agung peduli yang memberitahukan bahwa untuk segera mengirimkan data rekening satuan kerja penerima bantuan

Selasa 30 Juni 2020 bertempat di ruang sidang utama Pengadilan Agama Kotabaru Pegawai Pemerintan non Pegawai Negri (PPNPN) atau tenaga honorer sebanyak 8 orang menerima bantuan covid 19 dari Mahkamah Agung.

Penyerahan bantuan Mahkamah Agung ini diserahkan langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Kotabaru Hj Eny Rianing Taro S.Ag M.Sy  serta di dampingi oleh Wakil Ketua PA Kotabaru H Riduan S.Ag, Sekretaris PA Kotabaru Kasypul Anwar SH serta Kepala Sub Bagian Umum dan Keuangan Hj Helda Rahmawati SH

Ketua Pengadilan Agama Kotabaru Hj Eny Rianing Taro S.Ag M.Sy mengatakan bantuan ini sebagai kepedulian Mahkamah Agung kepada Honorer dilingkungan satuan kerja Mahkamah Agung, dengan adanya bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban yang dirasakan tenaga honorer yang ada di Pengadilan Agama Kotabaru


Syafiq - 2020-07-01

Pelayanan dan pemanfaatan fasilitas difabel

Dalam rangka memberikan pelayanan secara menyeluruh kepada seluruh masyarakat para pencari keadilan tanpa membeda-bedakan yang dikenal dengan istilah “Justice For All” maka Pengadilan Agama Kotabaru selalu berusaha maksimal memberikan pelayanan yang terbaik bagi para pencari keadilan, sebagai salah satu bentuk komitmen tersebut Pengadilan agama Kotabaru menyediakan fasilitas khusus untuk para penyandang disabilitas,

Salah satu fasilitas itu adalah kursi roda dan toilet difabel untuk penyandang disabilitas agar tidak terkendala dalam proses mencari keadilan di Pengadilan Agama Kotabaru

Tentu dengan adanya fasilitas tersebut diharapkan masyarakat pencari keadilan khususnya para penyandang disabilitas menjadi terbantu dengan adanya fasilitas tersebut dan menjadi sangat puas akan pelayanan di Pengadilan Agama Kotabaru.



Syafiq - 2020-06-26

Pemilihan Agen Perubahan 2020 Pengadilan Agama Kotabaru

Senin 25 Juni 2020 bertempat di ruang sidang utama  Pengadilan Agama Kotabaru Mengadakan pesta Demokrasi  memilih Agent Of Change yang periode sebelumnya  Agen Perubahan di isi dari Kepaniteraan yaitu bapak  M.Nafi, S.Pd.I., S.H.I., M.Sy.

 

Pemilihan tersebut dilakukan oleh seluruh pegawai Pengadilan Agama Kotabaru. Semua dilakukan secara langsung, umum, bebas dan rahasia serta jujur dan adil  dan memilih kandidat dengan hati nurani sesuai dengan kriteria sebagai agen perubahan tahun 2020 demi kemajuan Pengadilan Agama Kotabaru 

Dalam pemilihan tersebut ada beberapa nama yang muncul yaitu dari unsur hakim yaitu bapak Imaduddin Sakagama S.H.I dan Bapak Azhar Nur Fajar Alam, S.H, Unsur Kepaniteraan yaitu Ibu Mashunatul Khairiah S.H.I.,M.H. Unsur Kesekretariatan yaitu Hj. Helda Rahmawati S.H 

Setelah dipungut sebanyak 23 suara, Maka terpilihlah dari kesekretariatan Hj Helda Rahmawati S.H.

Ketua Pengadilan Agama Kotabaru Hj Eny Rianing Taro S.Ag M.Sy mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada agen perubahan sebelumnya yang mana telah membawa kemajuan bagi Pengadilan Agama Kotabaru, dan dengan terpilihnya Agen Perubahan yang baru diharapkan dapat membawa perubahan dan memberikan teladan yang baik kepada pegawai lain, mulai dari berpakaian yang rapi, disiplin kerja, dan lain sebagainya,selain itu Ketua Pengadilan Agama Kotabaru memberikan penghargaan yang setinggi tingginya bagi Tim Website Kotabaru yang mana Website Kotabaru sudah 100 % dalam pencapaianya, dan harapanya agar dapat dipertahankan.


Kurang lebih selama 50 Menit berlangsung pemilihan Agen Perubahan dan dilanjutkan dengan pembahasan Rapat Koordinasi untuk Kemajuan kantor Pengadilan Agama Kotabaru.


Syafiq - 2020-06-23

Ketua Pengadilan Agama Kotabaru Hadiri Rapat Paripurna DPRD Kotabaru


Senen 22 Juni 2020  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)  Menggelar rapat paripurna. DPRD kotabaru masa persidangan III Rapat ke-11 tahun sidang 2019/2020, dengan acara tiga (3) buah Raperda yang di bacakan oleh Bupati kotabaru. yaitu, Pengaturan pajak daerah, Retribusi daerah, dan perlindungan lahan pertanian dan pangan, yang di sampaikan di ruang rapat DPRD kotabaru.




Dalam Kegiatan tersebut di hadiri oleh Bupati Kotabaru, Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kotabaru Forkopinda Kotabaru yang salah satunya Ketua Pengadilan Agama Kotabaru Hj Eny Rianing Taro S.Ag M.Sy 

1, laporan akhir proses pembahasan pansus II DPRD kabupaten kotabaru atas 2 (dua) buah Raperda. 

2. Menyampaikan pidato Bupati Kotabaru menyampaikan 3 (tiga) buah Raperda. 

3. Bapemperda DPRD kabupaten kotabaru menyampaikan 1 (satu) buah Raperda.

Rapat paripurna masa persidangan III rapat ke-11 tahun sidang 2019-2020, dan sekaligus penyampaian 3 (tiga) buah Raperda yang di bacakan Bupati Kotabaru Sayed Jafar bahwa, 3 (tiga) buah Raperda ini perlu kita ketahui dengan adanya pembaharuan, mengingat keadaan sekarang tidak sesuai dengan Nomenklatur perangkat daerah dan pelaksana pemungut pajak.

“Serta retribusi daerah dari waktu ke waktu harus senantiasa ditingkatkan agar pemerintah dalam memenuhi kebutuhan daerah khususnya masyarakat bisa terpenuhi baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya,” ungkap Sayed.

Sedangkan Raperda perlindungan lahan pertanian pangan dan pengembangan prasarana pertanian seiring dengan meningkatnya pertumbuhan penduduk, perkembangan ekonomi dan industri. mengakibatkan terjadinya degradasi, alih fungsi lahan, pragmentasi lahan pertanian pangan, yang tentunya mengakibatkan daya dukung guna menjamin kemandirian, ketahanan, dan kedaulatan pangan daerah.

“Dan kita harus ada pembaharuan, terkait 3 (tiga) buah Raperda tersebut agar bisa dijalankan sesuai perkembangan dan peruntukannya,” ucap Sayed.

Sebagai mana yang dilakukan dengan penanda tanganan Nota kesepahaman di antaranya Bupati Kotabaru, Ketua DPRD, dan Wakil Ketua DPRD, yang disaksikan anggota DPRD, Forkopimda serta Kepala SKPD.

Kemudian Hasil penyampaian Raperda diserahkan oleh Bupati kepada ketua DPRD, kemudian dilanjutkan kembali diserahkan kepada anggota DPRD yang menangani sebagai bahan evaluasi dan pembahasan lebih lanjut.

Selain penyampaian 3 (tiga) buah Raperda, Bupati Kotabaru menyampaikan laporan akhir proses pembahasan pansus II DPRD atas 2 (dua) buah Raperda dan 1 (satu) buah Raperda oleh Bapemperda DPRD kotabaru.


Syafiq - 2020-06-10

Rapat Koordinasi Bulanan PA Kotabaru

Selasa 09 Juni 2020 Bertempat di ruang sidang utama, Seluruh Pegawai Pengadilan Agama Kotabaru menggelar Rapat Koordinasi Bulanan,  Pembahasan pada rapat tersebut terkait menindak lanjuti hasil monev kinerja PA Kotabaru triwulan I, dan tindak lanjut hasil evaluasi implementasi Aplikasi Unggulan Badilag dan Aplikasi Inovasi PTA Banjarmasin.




Pada rapat koordinasi ini diadakan diskusi dengan pimpinan Pengadilan Agama Kotabaru, Peserta rapat sangat aktif dalam penyampaian ide dan gagasan pada saat rapat berlangsung. Dari rapat koordinasi ini diharapkan meningkatkan layanan menjadi lebih bagus bagi para pencari keadilan dilingkungan Pengadilan Agama Kotabaru, dan harapan bersama PA Kotabaru pada trimester kedua nanti agar dapat ditingkatkan



Hj Eny Rianing Taro S.Ag M.Sy selaku Ketua Pengadilan Agama Kotabaru  dalam paparanya mengharapkan seluruh program kerja 2020 agar cepat terealisasi, demikian juga penyerapan anggaran agar lebih dimaksimalkan, dan semua Aplikasi Unggulan Badilag dan Aplikasi PTA Banjarmasin dapat digunakan semaksimal mungkin di Pengadilan Agama Kotabaru.



Muhammad Fitri - 2020-05-27

HALAL BIHALAL KELUARGA BESAR PTA BANJARMASIN DENGAN SELURUH WARGA PENGADILAN AGAMA SEWILAYAH KALSEL SECARA VIRTUAL

Selasa, tanggal 26 Mei 2020, mengawali hari kerja setelah libur 3 hari lebaran Idul Fitri, sekitar jam 10.00 pagi, Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin mengadakan acara Halal Bihalal dengan seluruh warga Pengadilan Agama sewilayah Kalsel, oleh karena masih dalam suasana Covid-19 sehingga acara halal bihalal tahun berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yang sebelumnya dilaksanakan dengan bertatap muka langsung, namun tahun tahun ini diadakan secara online dengan memanfaatkan teknologi skype.

Acara diawali dengan pembacaan do’a dan pembacaan ayat suci Alqur’an, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari KPTA Banjarmasin, oleh Bapak Drs. H. Syarif Usman, S.H.,M.H., dalam sambutannya beliau menyampaikan beberapa hal, yang pertama beliau mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 H, atas nama pribadi dan pimpinan beliau mohon maaf lahir dan batin, sekiranya dalam pelaksanaan tugas baik secara pribadi maupun instansi terdapat kesalahan dan kehilafan baik perkataan maupun perbuatan, baik disengaja maupun tidak, baik tugas secara kedinasan maupun diluar kedinasan sekali lagi atas nama pribadi, pimpinan dan mewakili seluruh rekan-rekan pegawai di PTA Banjarmasin, mohon kiranya dimaafkan” ujar KPTA Banjarmasin 


Kemudian yang kedua beliau juga menyampaikan bahwa dengan momentum Halal Bihalal setelah 1 bulan kita bersama-sama melaksanakan ibadah puasa serta amaliyah ramadhan lainnya, ini diharapkan dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT, peningkatan itu tercermin dari meningkatnya ibadah kita kepadaNya, demikian juga meningkatkan kualitas dan kuantitas pekerjaan sesuai dengan tupoksi kita masing-masing, diakhir sambutannya beliau berpesan kepada seluruh warga Pengadilan Agama di wilayah Kalimantan Selatan untuk tetap bekerja seperti biasa memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan tetap memperhatikan prosedur keselamatan dan kesehatan dimasa pandemi Covid-19 ini, dan yang lebih penting tetap menjaga kekompakan dan kerukunan diantara warga peradilan disetiap satkernya masing-masing. (TIM IT).


Syafiq - 2020-04-21

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Hakim Baru di Pengadilan Agama Kotabaru

Senin 20 April 2020, bertempat diruang sidang utama Pengadilan Agama Kotabaru, dalam kondisi Pandemi Covid-19 diadakan acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Hakim yang baru, dengan dihadiri oleh sebagian Pegawai Pengadilan Agama Kotabaru terutama petugas yang diberi amanah dalam acara pelantikan sebagaimana maksud Surat Dirjen Badilag, tertanggal 9 April 2020 tentang Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Hakim, Ketua Pengadilan Agama Kotabaru Hj Eny Rianing Taro S.Ag M.Sy telah melantik dan mengambil sumpah jabatan dua orang Hakim baru Pengadilan Agama Kotabaru, yaitu Imaduddin Sakagama S.H.I sebelumnya calon hakim di Pengadilan Agama Mukomuko kelas II dan Azhar Nur Fajar Alam S.H sebelumnya calon hakim di Pengadilan Agama Bintuhan Kelas II.



Dalam sambutannya Ketua Pengadilan Agama Kotabaru Hj Eny Rianing Taro S.Ag M.Sy Menyampaikan selamat datang di Pengadilan Agama Kotabaru, Kepada hakim yang dilantik beliau juga berpesan agar bisa menyesuaikan diri dan melaksanakan tugas di pengadilan Agama Kotabaru dengan sebaik- baiknya. Harapannya semoga dengan adanya tambahan hakim  baru, Kinerja Pengadilan Agama Kotabaru semakin meningkat .

Acara Pelantikan berjalan dengan lancar, Selanjutnya dilakukan pemberian ucapan selamat oleh KPA Kotabaru, Hakim, beserta seluruh Pegawai Pengadilan Agama Kotabaru. 

Dengan dilantiknya Imaduddin Sakagama S.H.I dan Azhar Nur Fajar Alam S.H  maka jumlah hakim di Pengadilan Agama Kotabaru berjumlah 5 orang termasuk pimpinan.







Syafiq - 2020-03-27

Cegah Corona PA kotabaru bersih-bersih (Salam tanpa sentuhan)

Jumat 27 Maret 2020  PA kotabaru melakukan kegiatan bersih-bersih di kantor demi mencegah penyebaran virus corona, seluruh pegawai Pengadilan Agama Kotabaru juga akan menerapkan salam tanpa bersentuhan tangan demi mencegah penularan virus corona 

Ketua Pengadilan Agama Kotabaru Hj Eni Rianing Taro S.Ag M.Sy mengatakan aksi bersih-bersih ini menjadi salah satu cara mencegah corona.

Kegiatan bersih-bersih ini akan terus dilakukan dengan tujuan , untuk para pihak yang berperkara merasa nyaman berada di kantor PA Kotabaru, serta yang utama untuk mengantisipasi penyebaran virus corona   

Selain membersihkan lingkungan kantor, PA kotabaru juga menyediakan tempat-tempat  cuci tangan untuk para pihak yang datang ke Kantor PA Kotabaru


"foto tempat cuci tangan depan kantor"

"tempat cuci tangan belakang kantor"

"himbauan mencuci tangan sebelum masuk ke kantor PA Kotabaru"

"Ruang Tunggu Meja Informasi"

"Ruang Tunggu Sidang"



Pimpinan


Statistik Pengunjung

Pemda Kotabaru