List Berita Pengadilan Agama Kotabaru

Syafiq - 2021-01-15

ZOOM MEETING SOSIALISASI DAN VALIDASI DATA SIPP

Kamis (14/01/2021) Bertempat di ruang media center PA Kotabaru telah dilaksanakan Sosialisasi dan Validasi Data SIPP, Kegiatan ini diikuti Seluruh Pengadilan Agama yang salah satunya PA Kotabaru



Berdasarkan Surat Direktur Jendral Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI Nomor 114/DJA.3/HM.00/1/2021 Tanggal 07 Januari 2021

Acara tersebut dihadiri oleh Wakil PA Kotabaru Siti Fatimah S.H.I.,M.H. Panitera, Sekretaris, Panmud Hukum, Jurusita dan Tenaga IT PA Kotabaru, dimulai pada pukul 09:00 WITA sampai pukul 12:30 WITA.

Kegiatan Zoom Meeting ini dilaksanakan oleh Badilag guna meningkatkan Validasi data SIPP untuk pelaporan data perkara Peradilan Agama secara elektronik.




Syafiq - 2021-01-13

Penandatanganan Perpanjangan Pegawai Kontrak PPNPN

Senin (11/01/2021) bertempat diruang rapat PA Kotabaru telah dilaksanakan Sosialisasi Perdirjen Nomor Per-1/DJA/2020, Penandatanganan Perjanjian Kerja PPNPN Tahun Anggaran 2021 dan Pembagian SK PPNPN Tahun Anggaran 2021



Acara dihadiri oleh Ketua PA Kotabaru H.Riduan S.Ag, Hakim Pengawas Bidang, Sekretaris, Kasubag Kepegawaian, Kasubag Umum dan seluruh Pegawai PPNPN.

PPNPN PA Kotabaru berjumlah 6 orang yang terdiri dari dua orang supir, dua orang satpam dan 2 orang pramubakti

Ketua PA Kotabaru H. Riduan S.Ag dalam arahanya memberikan semangat kepada sseluruh PPNPN agar dapat lebih meningkatkan kinerja dari yang selama ini sudah baik menjadi yang lebih baik lagi,serta selalu menjaka kekompakan.


Syafiq - 2021-01-11

PPNPN Mendapat penghargaan periode tahun 2020

Senin (11/01/2021) Bertempat dihalaman kantor PA Kotabaru setelah apel pagi, Ketua PA Kotabaru H. Riduan S.Ag mengumumkan 3 pegawai pemerintan non pegawai negri (PPNPN)  periode 2020


Masing - masing pegawai tersebut adalah

  1.  Khoirul Anwar SH
  2. Muhammad Fitri
  3. Nurul Hikmah

Pegawai tersebut mendapatkan reward dari kantor PA Kotabaru sebagai honorer terbaik atau teladan 

Pemberian reward ini merupakan rangkaian terakhir dari adanya kegiatan monitoring dan evaluasi kinerja pegawai pemerintah non pegawai negri (PPNPN)  

Ketua PA Kotabaru H.Riduan S.Ag mengucapkan terima kasih yang sebesar - besarnya karna telah ikut membantu dalam kemajuan PA Kotabaru. Harapannya dengan reward tersebut, mampu membangun semangat dalam bekerja bagi yang mendapat reward dan rekan - rekan kerja lainnya, PA Kotabaru juga memberikan panishment atau hukuman bagi pegawai yang dinilai memiliki perilaku yang kontra produktif, meski belum ada yang sampai ketahap yang sangat berat karena PA Kotabaru bersifat mendidik dan membina. Dan diharapkan Kepada Pegawai yang terkena Hukuman  agar kedepanya lebih semangat dalam bekerja.





Syafiq - 2021-01-07

PELETAKAN PRASASTI PA KOTABARU

Pembangunan gedung pengadilan baru ini adalah upaya Mahkamah Agung dalam meningkatkan sarana dan prasarana dalam mewujudkan pelayanan prima bagi para pencari keadilan, Pembangunan ini juga merupakan ejawantah dari keputusan Presiden nomor 13 sampai dengan 18 tahun 2016 tentang pembentukan Pengadilan baru dilingkungan  Mahkamah Agung



Kamis (07-01-2021) PA kotabaru, Secara resmi dilaksanakan  peletakan prasasti oleh Ketua PA Kotabaru H. Riduan S.Ag yang telah ditandatangani oleh Ketua Mahkamah Agung Dr. H.M Syarifuddin S.H., M.H  di Manado pada tanggal 20 Oktober 2020 

Ketua Pengadilan Agama Kotabaru H. Riduan S.Ag mengatakan meski peresmian gedung dilakukan secara virtual, kami tetap bersyukur dengan peresmian dan peletakkan prasasti ini, gedung kami nyatakan gedung ini milik PA Kotabaru

acara dilanjutkan dengan doa bersama.



Syafiq - 2021-01-04

Pengumuman hasil seleksi Pegawai Honorer PA Kotabaru

Setelah melalui beberapa tahapan tes yang dilaksanakan di PA Kotabaru dengan ini 

Pengadilan Agama Kotabaru mengucapkan  selamat kepada

1  Aulia Oktaviani Prasiska 

2  Muhammad Supiansuri

untuk proses tes ketahap selanjutnya

diharapkan kehadiranya hari selasa (05/01/2021) di Pengadilan Agama Kotabaru


Syafiq - 2021-01-04

PEMBACAAN DAN PENANDATANGANAN PAKTA INTEGRITAS DI PA KOTABARU

Senin (04/01/2021) bertempat di ruang sidang PA Kotabaru telah dilaksanakan penandatanganan pakta integritas, Diawali dengan sambutan Ketua Pengadilan Agama Kotabaru H.Riduan S.Ag  dan dilanjutkan dengan pembacaan pakta integritas yang diikuti oleh seluruh Hakim dan Pegawai Pengadilan Agama Kotabaru.



Selanjutnya dilaksanakan penandatanganan pakta integritas yang diawali oleh Ketua, Wakil Ketua, Para Hakim, Panitera, Sekretaris serta diikuti oleh pejabat fungsional maupun struktural dan seluruh aparatur sipil negara PA Kotabaru


Kemudian dalam sambutanya Ketua PA Kotabaru H. Riduan S.Ag   menyampaikan amanat bahwa pelaksanaan penandatanganan ini  adalah sebuah  bentuk sebagai jaminan bahwa PA Kotabaru tidak akan pernah melakukan tindak korupsi, dan penandatanganan  pakta integritas   bukan hanya sebagai acara simbolis belaka namun harus difahami dan dijalankan secara sungguh – sungguh dalam aktifitas sehari – hari di dalam maupun di luar dinas kantor.

 Acara selesai dan dilanjutkan dengan perjanjian kinerja 2021.




Syafiq - 2020-12-22

''ALHAMDULILLAH RUJUK'' BERKAT HAKIM MEDIATOR

Rumah tangga tentunya tidak akan bisa lepas dari masalah. Ada beberapa masalah rumah tangga yang sering menerpa pasangan suami istri, tentu banyak faktor yang menyebabkan munculnya masalah rumah tangga. Salah satunya seorang ibu yang mengalami permasalahan tersebut mengajukan perceraian terhadap suaminya di Pengadilan Agama Kotabaru dan sudah terdaftar dengan Nomor Register 482/Pdt.G/2020/PA.Ktb.

Pada hari Senin, 21 Desember 2020, Penggugat datang menghadiri persidangan beserta Tergugat, setelah itu maka dilakukanlah Mediasi. PERLU DIKETAHUI, Mediasi merupakan salah satu rangkaian penting dari keseluruhan proses penanganan perkara di Pengadilan. Mediasi merupakan amanat Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor I tahun 2016. Sebagaimana aturan tentang mediasi, hakim mediator selalu menjelaskan tata cara mediasi dan keuntungan-keuntungan proses mediasi untuk para pihak yang mau berdamai.

Diruangan Mediasi Pengadilan Agama Kotabaru dengan dipimpin Hakim Mediator Bapak Azhar Nur Fajar Alam, S.H juga sebagai Hakim Pengadilan Agama Kotabaru, sebagian dalam mediasi tersebut bisa terlaksana karena kesadaran kedua belah pihak untuk menyelesaikan masalah secara kekeluargaan, sehingga kita patut mengapresiasi niat baik mereka dalam mencari titik temu. Atas nasehat yang diberikan oleh Mediator tersebut, akhirnya Penggugat mau kembali berdamai dan akan membina rumah tangganya bersama dengan beberapa kesepakatan dan Tergugat menyanggupi. Alhamdulillah, Pasangan suami isteri yang semula bertikai berhasil mencapai kesepakatan perdamaian. 

Mediasi yang berhasil merupakan sebuah prestasi bagi seorang mediator. Semoga kedepannya semakin banyak perkara yang berhasil dimediasi untuk kembali berdamai.



Syafiq - 2020-12-21

MEDIASI BERHASIL DI PENGADILAN AGAMA KOTABARU

Mediasi merupakan salah satu rangkaian penting dari keseluruhan proses penanganan perkara di Pengadilan. Mediasi merupakan amanat Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor I tahun 2016. Sebagaimana aturan tentang mediasi, hakim mediator selalu menjelaskan tata cara mediasi dan keuntungan-keuntungan proses mediasi untuk para pihak yang mau berdamai.

Bertempat di ruang mediasi Pengadilan Agama Kotabaru, Senin, 21 Desember 2020. Pasangan suami istri yang semula terlibat dalam konflik rumah tangga akhirnya sepakat untuk rukun kembali membina rumah tangga yang terdaftar dalam perkara Cerai Gugat dengan Nomor 479/Pdt.G/2020/PA.Ktb, Sebagai Hakim Mediator, H. Riduan, S.Ag. yang juga sebagai Ketua Pengadilan Agama Kotabaru mengupayakan perdamaian semaksimal mungkin dengan cara memberikan Nasehat dan pandangan terkait bagaimana pentingnya menjaga keutuhan dan mempertahankan  rumah tangga serta akibat yang timbul jika nantinya terjadi perceraian dan anak-anak lah yang paling menderita dalam perceraian orangtua nya.

Keberhasilan mendamaikan para pihak yang berperkara ini tidak lepas dari kepiawaian seorang mediator dalam memediasi mereka. Dimana dalam tahapan mediasi ini mediator dituntut semaksimal mungkin mengusahakan perdamaian dalam penyelesaian masalah yang dihadapi oleh para pihak yang berperkara, mediator diharapkan bisa mengakhiri sengketa di antara para pihak tersebut dengan melakukan pendekatan persuasif dan bicara dari hati ke hati, sehingga yang semula tangis kesedihan dan amarah menjadi senyum kebahagiaan para pihak tersebut. 

Semoga dengan beberapa keberhasilan mediasi di tahun 2020 ini, maka diharapkan bisa menjadi motivasi dan menambah semangat para Hakim Mediator di sela padatnya persidangan, namun tetap mengupayakan pelaksanaan mediasi secara maksimal.


Syafiq - 2020-12-16

Rumah Dinas Ketua PA Kotabaru Terendam Banjir

(16-12-2020) Rumah dinas Ketua PA Kotabaru di jalan Taman Melati Desa Semayap,Pulau Laut Utara,Kotabaru ikut terendam banjir, Ketua Pengadilan agama Kotabaru H.Riduan S.Ag Mengatakan banjir merendam teras dan halaman rumah dinas setinggi lutut orang dewasa.


Air yang berasal dari luapan air laut yang pasang tinggi tersebut merendam seluruh jalan yang menuju rumah dinas Ketua PA dan sampai ke halaman,garasi dan teras rumah dinas.

Ketua PA Kotabaru  H.Riduan S.ag menyebutkan lokasi rumah dinas ketua PA tersebut berada persis dipinggir laut yang tengah meluap akibat pasang tinggi, ‘’yah mau gimana lagi beginilah keadaan rumah dinas,lebih-lebih dinding bangunannya juga banyak yang retak-retak akibat termakan usia,mau gak mau kita harus tempati ujar beliau’’


Syafiq - 2020-12-16

Perkara hak asuh anak berakhir

Pengadilan Agama Kotabaru,- Senin (14-12-2020), Setelah melalui sidang yang panjang dan melelahkan akhirnya membuahkan hasil yang membahagiakan bagi kedua belah pihak dan termasuk bagi hakim yang menyidangkan perkara gugatan Hadhanah (hak asuh anak). Dengan nomor perkara 468/Pdt.G/2020/PA.Ktb



Kesepakan perdamaian kedua belah pihak ini terjadi tidak lepas dari kepiawaian Hakim Pengadilan Agama Kotabaru H.Riduan  S.Ag  sebagai Mediator, Melalui jalur mediasi beliau menjelaskan secara sabar dan menasehati para pihak, bagaimana dampak negatif yang akan dirasakan jika persengketaan terus berlanjut dalam memperebutkan anak. Yang paling merasakan dampak negatif akibat sengketa kedua belah pihak tentu saja adalah anak, anak akan merasa seakan-akan menjadi barang perebutan kedua orangtuanya, alhamdulillah dengan nasehat seperti itu kedua belah pihak bersengketa menyadari akan kesalahannya dan demi kepentingan anak, kedua belah pihak bersepakat untuk memelihara anak secara bersama-sama,dan kedua belah pihak membuat kesepakatan yang diketahui oleh Hakim mediator.

 Kemudian oleh YM. Siti Fatimah S.H.I,M.H  sebagai ketua Majelis membacakan putusan perdamaian dipersidangan pada tanggal 14 Desember 2020.


Pimpinan


Statistik Pengunjung

Pemda Kotabaru


A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: Module 'imagick' already loaded

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: