List Berita Pengadilan Agama Kotabaru

Syafiq - 2020-01-21

PENANDATANGANAN PAKTA INTEGRITAS DAN PERJANJIAN KINERJA TAHUN 2019 PENGADILAN AGAMA KOTABARU

Senin 20 Januari 2020 Pengadilan Agama Kotabaru bertempat di ruang Sidang utama Pengadilan Agama Kotabaru   menyelenggarakan acara penandatanganan Pakta Integritas dan Perjanjian Kinerja yang dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Kotabaru Hj Eny Rianing Taro S,Ag M.Sy



Rangkaian acara dimulai dengan Pembacaan Pakta Integritas dan Penandatanganan Perjanjian Kinerja Oleh Hakim dan Pegawai.

Selanjutnya Pembacaan Pakta Integritas dan Penandatangan Kontrak Perjanjian Pegawai Pemerintah Non Pegawai Pengadilan Agama Kotabaru

Acara dilanjutkan dengan Sambutan Ketua Pengadilan Agama Kotabaru Hj Eny Rianing Taro S,Ag M,Sy dalam sambutanya beliau menyampaikan bahwa maksud dibuatnya Pakta Integritas ini sesuai dengan Surat Edaran  Ketua MAHKAMAH AGUNG Nomor 03 Tahun 2012 Tentang Penandatanganan Pakta Integritas tanggal 07 Agustus 2012 adalah tentang Pembentukan Tim Pembangunan Zona Integritas Mahkamah Agung Republik Indonesia. Sangat diperlukan sebuah komitmen Bersama dengan menunjukkan itikad baik untuk bertanggung jawab dan menjalankan tugas sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Pakta merupakan bentuk perjanjian. Sedangkan Integritas merupakan mutu, Sifat atau keadaan yang menunjukkan kesatuan yang utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yang memancarkan kewibawaan dan atau kejujuran.

Sehingga kita dapat sebut bahwa Pakta Integritas merupakan pernyataan janji Bersama atau komitmen sebagai bentuk kesanggupan untuk patuh terhadap ketentuan yang berlaku.Dengan adanya Pakta Integritas ini, Ketua Pengadilan Agama Kotabaru mengharapkan bahwa aparatur sanggup untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya serta peran dan wewenangnya sesuai dengan peraturan Perundang – Undangan. Selain itu Pakta Integritas tersebut merupakan wujud penyelenggaraan Pemerintah yang akuntabel, Transparan dan bertanggung jawab dalam rangka menciptakan Pemerintahan yang baik, dan bertujuan untuk memperkuat Komitmen Bersama dalam Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan acara Pemberian Piagam Penghargaan Pegawai Kontrak terbaik 2019

Bertepatan awal tahun 2020 Pengadilan Agama Kotabaru Memberikan Penghargaan kepada 3 Pegawai Kontrak   Terbaik 2019

Upaya Peningkatan kinerja sebuah lembaga ditandai dengan adanya Penghargaan yang diberikan kepada setiap Pegawai. Dengan semakin bertambahnya beban kerja serta tanggung jawab dalam upaya peningkatan mutu baik kinerja maupun pelayanan kepada publik tentunya harus ditopang oleh kemampuan sumber daya manusia yang mumpuni, Untuk menunjang usaha tersebut tentunya membutuhkan tambahan tenaga-tenaga terampil Non pegawai serta potensial dalam mewujudkanya

Siapa saja yang menjadi teladan, patut diapresiasi

Adapun Nama-Nama Pegawai Kontrak yang dinobatkan sebagai Pegawai Teladan tahun 2019 adalah

  1. Khoirul Anwar SH
  2. Nurul Hikmah S.P
  3. M Fitri S.Pd.I

Semoga ini bias menjadi pemicu dan memotifasi yang lain agar terus memperbaiki kinerja.


Syafiq - 2020-01-14

Menyambut Lomba Kebersihan PA Kotabaru Kompak Kerja Bakti

PA Kotabaru gelar kerja bakti di lingkungan kantor pada senen (13/01/2020) dalam rangka menyambut lomba kebersihan Peradilan se Indonesia. 

Seluruh karyawan karyawati bahu membahu dalam membersihkan ruangan Kantor Pengadilan Agama Kotabaru.


Ketua Pengadilan Agama Kotabaru Hj.Eny Rianing Taro S.Ag M.Sy  memimpin langsung dalam kegiatan kerja bakti tersebut selain dalam rangka menyambut lomba kebersihan juga bertujuan untuk memberikan rasa nyaman dalam pelayanan masyarakat.

Wakil Ketua Pengadilan agama kotabaru H. Riduan S.Ag juga mengatakan meski sebernarnya 1 minggu sekali kita selalu mengadakan kerja bakti. Namun dengan adanya perlombaan kebersihan yg dilaksanakan tersebut.kita harus lebih ektra membersihkan dan yang lebih penting menjaga dan merawat agar selalu bersih demi kenyamanan bersama 

kalau kantor kita bersih  kita pun bekerja dengan nyaman dan para Pencari Keadilanpun datang ke kantor kita merasa nyaman.



admin - 2019-11-21

Surveillanance APM sekaligus Pembinaan dan Pengawasan di Pengadilan Agama Kotabaru

Kamis 14 November 2019, Dalam rangka memantau dan mengukur konsistensi penerapan Akreditasi Penjamin Mutu (APM), Assesor Eksternal APM melaksanakan Asesssment Surveillance pada Pengadilan Agama Kotabaru. Panitera Pengadilan Tinggi Banjarmasin  Hj. Siti Romiyani, S.H., M.H, selaku Ketua Tim  Assesor Eksternal APM dari Badilag, dan dibantu oleh Nursila Sari, S.Sos., M.M. dan Agustian, S.Kom. selaku anggota tim assessor eksternal melakukan observasi terhadap implementasi sistem APM pada Pengadilan Agama Kotabaru dengan meninjau langsung area pelayanan, inovasi, fasilitas publik hingga sistem kerja pada Pengadilan Agama Kotabaru.


Mengawali acara assesment implementasi APM, Hj Eny Rianing Taro S.Ag. M.Sy., Ketua PA Kotabaru selaku Top Manajemen APM mempresentasikan “Evaluasi Implementasi Akreditasi Penjaminan Mutu pada Pengadilan Agama Kotabaru” di hadapan Tim Assesment Eksternal dari Badilag, para Hakim, Panitera, Sekretaris, Pejabat Struktural dan Fungsional serta para Staf Pengadilan Agama Kotabaru.


Sementara itu Ibu Hj. Siti Romiyani, S.H., M.H. menyatakan bahwa maksud diadakannya Asessmen Surveillance ini adalah untuk memantau dan mengukur konsistensi penerapan Akreditasi Penjaminan Mutu yang dilaksanakan secara terus menerus dan berkesinambungan dalam rangka meningkatkan mutu layanan kepada para pencari keadilan.

Setelah itu acara di lanjutkan dengan Pembinaan dan pengawasan dilakukan oleh Tim Hatibinwasda yang dipimpin langsung oleh KPTA Banjarmasin, YM. Drs. H. sarif Usman, S.H.,M.H dengan anggota Hatibinwasda PA Kotabaru YM. Drs.H. Anwar Hamidy dan Hendra Surya, S.H.,S.Sos.,MM.. Dan Pengawasan dan pembinaan meliputi di bagian keperkaraan dan kesekretariatan. Dari Keperkaraan meliputi penulisan surat gugatan, penanganan perkara-perkara banding dan dari kesekretariatan antara lain adalah alur persuratan, penulisan surat yang benar, penanganan absen pegawai.

Acara Ekspose dilaksanakan jumat 15 November 2019 tepat pukul 10.00 wita di ruang sidang I PA Kotabaru. Tim Hatibinwasda membacakan beberapa temuan selama melakukan pemeriksaan dan pengawasan di PA Kotabaru. dan dari hasil temuan ini beberapa hal langsung ditindak lanjuti oleh PA Kotabaru. Dengan adanya eksope pengawasan dan pembinaan ini, PA Kotabaru diharapkan bisa tetap mempertahankan hal-hal yang sudah baik dan meningkatkan lagi. Acara ekspose ini diakhiri dengan penyerahan hasil temuan dalam bentuk kontrak kinerja untuk segera ditindak lanjuti sebagaimana mestinya dalam kurun waktu selama 1 bulan.


admin - 2019-11-13

Peringatan Upacara Hari Pahlawan di Pengadilan Agama Kotabaru

Selamat Hari Pahlawan ! Terima kasih atas segala pengorbanan sehingga kami bisa hidup, belajar, beribadah, bekerja dan menikmati segala hal di bumi Indonesia dengan MERDEKA.



Senen, 11 November 2019 Pengadilan Agama Kotabaru melaksanakan Upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2019 di halaman Kantor Pengadilan Agama Kotabaru. 

Bertindak sebagai Pembina Upacara oleh Ketua Pengadilan Agama Kotabaru Ibu Hj. Eny Rianing Taro S.Ag M.Sy  dan pemimpin Upacara Muhammad Fitri, S.Pd.I.

Acara dihadiri oleh Hakim, Panitera, Sekretaris serta para Pegawai dan Honorer Pengadilan Agama Kotabaru.

Ketua Pengadilan Agama Kotabaru Hj Eny Rianing Taro S.Ag M.Sy dalam amanatnya mengajak kita menauladani sikap pahlawan sesuai tema “Aku Pahlawan Masa Kini”.

Dengan semangat para pahlawan mari kita wujudkan sikap peduli sesama





admin - 2019-11-13

Wakil Ketua Pengadilan Agama Kotabaru menjadi Narasumber di Polres Kotabaru

Kotabaru Selasa 12 November 2019 Wakil Ketua Pengadilan Agama Kotabaru hadiri  acara Sosialisasi Bidang Hukum di Polres Kotabaru  yang dihadiri seluruh Anggota Polres Kotabaru.



Dalam kesempatan ini Wakil Pengadilan Agama Kotabaru H. Riduan S.Ag selain menghadiri acara tersebut beliau juga diminta menjadi Narasumber  dalam rangka Sosialisasi  Bidang Hukum  tentang  tata cara pembagian Harta Waris menurut Hukum  dan aturan – aturan yang disyariatkan Agama Islam

Wakil Ketua Pengadilan Agama Kotabaru H.Riduan S.Ag menjelaskan Faraidh termasuk ilmu yang paling mulia tingkat bahayanya, paling tinggi kedudukannya, paling besar ganjarannya, oleh karena pentingnya, bahkan sampai Allah SWT sendiri yang menentukan takarannya, Dia terangkan jatah harta warisan yang didapat oleh setiap ahli waris, dijabarkan kebanyakannya dalam beberapa ayat yang jelas, karena harta dan pembagiannya merupakan sumber ketamakan bagi manusia, sebagian besar dari harta warisan adalah untuk pria dan wanita, besar dan kecil, mereka yang lemah dan kuat, sehingga tidak terdapat padanya kesempatan untuk berpendapat atau berbicara dengan hawa nafsu.

Oleh sebab itu Allah-lah yang langsung mengatur sendiri pembagian serta rincianya dalam Al-Qur’an, meratakannya diantara para ahli waris sesuai dengan keadilan serta maslahat yang Dia ketahui.





admin - 2019-11-13

Wakil Ketua Pengadilan Agama Kotabaru menjadi Narasumber di Polres Kotabaru

Kotabaru Selasa 12 November 2019 Wakil Ketua Pengadilan Agama Kotabaru hadiri  acara Sosialisasi Bidang Hukum di Polres Kotabaru  yang dihadiri seluruh Anggota Polres Kotabaru.



Dalam kesempatan ini Wakil Pengadilan Agama Kotabaru H. Riduan S.Ag selain menghadiri acara tersebut beliau juga diminta menjadi Narasumber  dalam rangka Sosialisasi  Bidang Hukum  tentang  tata cara pembagian Harta Waris menurut Hukum  dan aturan – aturan yang disyariatkan Agama Islam

Wakil Ketua Pengadilan Agama Kotabaru H.Riduan S.Ag menjelaskan Faraidh termasuk ilmu yang paling mulia tingkat bahayanya, paling tinggi kedudukannya, paling besar ganjarannya, oleh karena pentingnya, bahkan sampai Allah SWT sendiri yang menentukan takarannya, Dia terangkan jatah harta warisan yang didapat oleh setiap ahli waris, dijabarkan kebanyakannya dalam beberapa ayat yang jelas, karena harta dan pembagiannya merupakan sumber ketamakan bagi manusia, sebagian besar dari harta warisan adalah untuk pria dan wanita, besar dan kecil, mereka yang lemah dan kuat, sehingga tidak terdapat padanya kesempatan untuk berpendapat atau berbicara dengan hawa nafsu.

Oleh sebab itu Allah-lah yang langsung mengatur sendiri pembagian serta rincianya dalam Al-Qur’an, meratakannya diantara para ahli waris sesuai dengan keadilan serta maslahat yang Dia ketahui.





admin - 2019-10-29

Ketua Pengadilan Agama Kotabaru Hadiri Upacara Hari Sumpah Pemuda

Pemerintah Kotabaru melaksanakan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2019 di halaman Kantor Bupati Kotabaru, Senin (28/10/2019). 

Sekretaris Daerah Kabupaten Kotabaru H Said Akhmad yang bertindak sebagai inspektur upacara

Upacara dihadiri Ketua DPRD Kab. Kotabaru,Forkopimda Kotabaru yang salah satunya Ketua Pengadilan Agama Kotabaru Hj. Eny Rianing Taro S.Ag M.Sy, Kepala SKPD Kotabaru, Pimpinan KNPI Kotabaru, Guru - Garu Sekolah SMA se Kotabaru dan para pelajar.

pada kesempatan itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Kotabaru H Said Akhmad membacakan sambutan Kementerian Pemuda dan Olahraga RI.

Ia menjelaskan, peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 ini mengusung tema “Bersatu Kita Maju”. “Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam sumpah pemuda, bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa,” tegasnya.

Ia menjelaskan, tema itu sesungguhnya diperuntukan bagi seluruh elemen bangsa. Tetapi, bagi pemuda menjadi keharusan karena di tangan pemudalah Indonesia bisa maju.

Menurutnya, pemuda yang memiliki karakter tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja, pemuda beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggungjawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas dan tuntas.

Bahkan, lanjutnya, pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan dan kepeloporan yang mumpuni, serta harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif di kancah internasional.

Kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan budaya, menuju persatuan dan kesatuan bangsa, maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik.

“Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekat dan cita cita, pengorbanan dan perjuanganmu tidak akan pernah sia sia dalam mengubah dunia,” tandasnya.


admin - 2019-10-29

UPACARA HARI SUMPAH PEMUDA DI PENGADILAN AGAMA KOTABARU

Pengadilan Agama Kotabaru menggelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda, Wakil Ketua Pengadilan Agama Kotabaru  H. Riduan S.Ag  menjadi inspektur upacara.


Upacara digelar di Halaman Pengadilan Agama Kotabaru, Senen (28/10/2019).

Upacara diikuti oleh seluruh pegawai Pengadilan Agama Kotabaru.


Wakil Ketua Pengadilan Agama Kotabaru  H.Riduan S.Ag dalam amanatnya mengucapkan terima kasih kepada para pejuang yang telah mengikrarkan sumpah pemuda.

“Kami  sampaikan terimakasih kepada tokoh pemuda tahun 1928 yang telah mendeklarasikan sumpah pemuda sehingga menjadi pelopor pemuda untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia sekaligus menjaga keutuhan  NKRI”

Peringatan Hari Sumpah Pemuda mengambil tema  ‘Bersatu Kita Maju’ tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang telah diikrarkan pada tahun 1928 dalam sumpah pemuda. Bahwa  hanya dengan persatuan kita bias mewujudkan cita-cita bangsa.  


admin - 2019-10-25

Gotong Royong Pengadilan Agama Kotabaru

Gotong Royong Pengadilan Agama Kotabaru

Kekompakan dan soliditas kembali ditunjukkan para personil Pengadilan Agama Kotabaru. Kali ini, Instansi Pelayan Masyarakat ini mengadakan acara gotong royong membersihkan lingkungan dalam dan luar kantor Pengadilan pada Jum’at pagi, sejak pukul 8.00 Wita.

Acara gotong royong sendiri sebenarnya sudah menjadi agenda rutin untuk diadakan minimal 1 (satu) kali setiap bulannya. Kegiatan ini bertujuan selain mewujudkan lingkungan dan ruangan yang bersih juga untuk memupuk rasa kebersamaan dan kesadaran untuk menjaga kebersihan lingkungan kantor yang diharapkan bukan hanya menjadi tanggung jawab satu pihak saja akan tetapi menjadi tanggung jawab bersama seluruh pegawai. Oleh karena itulah seluruh pegawai turun langsung tak terkecuali Ketua Pengadilan Agama Kotabaru sendiri yaitu Eny Rianing Taro, S.Ag., M.Sy. yang memimpin langsung kegiatan tersebut. (RR)




admin - 2019-10-24

Sosialisasi Verifikasi dan Validasi Data Kepegawaian

Dihelat di Ruang Humas Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin, sejak Senin pagi pukul 9.00 Wita, Sosialisasi Verifikasi dan Validasi Data Kepegawaian Tenaga Teknis Peradilan Agama dibuka langsung oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin, Drs. H. Sarif Usman, S.H., M.H. 

Acara ini sendiri menghadirkan Narasumber dari Ditjen Badilag yaitu Sutarno, S.I.P., M.M. (Kasubdit Bimbingan dan Monitoring Ditjen Badilag) dan didampingi oleh Agus Santosa, S.H. (Staf Seksi Arsip dan Dokumentasi Ditjen Badilag) serta diikuti oleh Seluruh Kasubbag Kepegawaian, Organisasi dan Tata Laksana Pengadilan Agama Se Kalimantan Selatan. Pengadilan Agama Kotabaru sendiri mengirimkan H. Zaki Firdaus, S.H.I. selaku Kasubbag Kepegawaian, Organisasi dan Tata Laksana.

Acara ini sendiri bertujuan untuk menambah informasi terkait tata cara penginputan data yang sesuai pada Apliaksi Backup Sikep termasuk penguploadan/ unggah dokumen terkait. Selain itu juga terdapat tambahan akses untuk membuka aplikasi penilaian (monitoring kelengkapan data dan e-doc) untuk seluruh administrator ABS seluruh Pengadilan Agama se Wilayah Kalimantan Selatan. 

Dalam acara ini juga dibahas mengenai hambatan dan kesulitan yang sering dihadapi oleh admin ABS dan SIKEP serta solusinya. Secara garis besar sendiri bahwa Hasil Monitoring Data dan Dokumen pada aplikasi SIKEP MARI dan ABS Badilag untuk Wilayah PTA Banjarmasin dan PA SeKalimantan Selatan sudah terpenuhi 100%.

Acara ini sendiri berakhir dan ditutup pada Rabu sore tanggal 23 Oktober 2019. (RR)


Pimpinan


Statistik Pengunjung

Pemda Kotabaru