List Berita Pengadilan Agama Kotabaru

admin - 2019-08-21

UPACARA HUT RI DI PENGADILAN AGAMA KOTABARU

Dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan RI yang ke 74 kamis, 17 Agustus 2019 Pengadilan agama kotabaru  menyelenggarakan  Upacara Bendera  dengan Tema  “SDM Unggul Indonesia Maju”, Bertempat di halaman kantor Pengadilan Agama Kotabaru . Upacara HUT RI ke 74 ini diikuti oleh seluruh Pegawai Pengadilan Agama Kotabaru.

Upacara di mulai pukul 07.30 Wita Sebagai Pembina Upacara adalah adalah Ketua Pengadilan Agama Kotabaru  Eny Rianing Taro S.Ag M.Sy dan Upacara dipimpin  oleh  sdr Muhammad Fitri.

Peringatan HUT RI ke 74 Tahun ini sesuai  Acara inti Upacara Bendera , Pengibaran Sang Saka Merah Putih, Pembacaan Pancasila, Pembacaan teks Proklamasi, Pembacaan Pembukaan UUD  1945, dan dilanjutkan  dengan pemberian Satya  Lencana  Karya Satya kepada  Beberapa Pegawai  di Pengadilan Agama Kotabaru.

Untuk Pengadilan Agama Kotabaru  Tahun 2019 ini mendapat Satya Lencana Sebanyak 4 orang Yaitu Satya Lencana Karya Satya  30 Tahun di berikan kepada Rujiansyah, dan  Satya Lencana Karya Dwi windu diberikan kepada  Eny Rianing Taro S,Ag M,Sy,  kemudian Satya  Lencana Karya Sewindu diberikan kepada Wageyono Indra, S.Kom dan Zaki Firdaus S,Ag


Selesai Upacara seluruh pegawai berfhoto bersama . Dan acara diteruskan dengan perlombaan  yang memperingati HUT RI Ke- 74 Sekaligus HUT MAHKAMAH AGUNG

Berikut foto-foto  kemeriahan HUT RI  ke 74  di Pengadilan Agama Kotabaru 




admin - 2019-07-10

Gugatan Waris Berujung Tangisan Bahagia

Dan jika ada dua golongan dari orang orang mukmin berperang maka damaikanlah antara keduanya (Al –Hujurat/49;9)

Selasa 9 Juli 2019 Pengadilan Agama Kotabaru pertama kalinya berhasil mendamaikan sengketa gugatan waris yang terdaftar di kepaniteraan Pengadilan Agama Kotabaru dengan nomor register 199/Pdt.G/2019/PA.Ktb ,perkara dalam proses mediasi, Hakim Pengadilan Agama Kotabaru Riduwan S,Ag selaku mediator   berusaha semaksimal mungkin untuk menyakinkan para pihak untuk menyelesaikan perkaranya secara damai  dan kekeluargaan, karena perkara yang diselesaikan secara damai berarti tidak ada pihak yang merasa kalah maupun pihak yang merasa menang. Berkat kegigihan dan keuletan Hakim mediator berhasil melakukan 3 kali pertemuan dengan hasil tercapai kesepakatan perdamaian diantara para pihak,yang kemudian para penggugat menyatakan perkaranya telah selesai karna damai, yang kemudian ketua majelis memutus berdasarkan akte  perdamaian pada tanggal 9 Juli  2019 Masehi bertepatan dengan tanggal 06 Dzulqa’dah 1440 Hijriah, dengan ketua majelis Hakim Eny Rianing Taro S,Ag M,Sy Hakim anggota Riduwan S,Ag dan Adriansyah SHI serta dibantu Panitera Pengganti Abdul Hamid SH

Bertempat di ruang  mediasi Pengadilan Agama Kotabaru, Perdamaian tersebut ditandai dengan penandatanganan kesepakatan perdamain antara Penggugat, Tergugat dan mediator, Dalam kesepakatan  perdamaian tersebut para pihak memohon agar kesepakatan perdamaian yang telah ditandatangani tersebut dikuatkan dengan akte perdamaian.

Pasal 3 PERMA  1 Tahun 2016 mewajibkan mediasi dalam prosedur penyelesaian sengketa , Artinya setiap perkara kontensius (terdapat sengketa) yang didaftarkan di Pengadilan wajib  dilakukan mediasi.

Pada kesempatan yang sama Ketua Pengadilan Agama Kotabaru Eny Rianing Taro S,Ag M,Sy mengucapkan terima kasih kepada Bapak Riduwan S,Ag selaku mediator yang berhasil mendamaikan perkara Gugatan waris tersebut, dan ini merupakan prestasi yang sangat baik di tahun 2019.


syafiq - 2019-06-19

Ketua Pengadilan Agama Kotabaru Hadiri Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Kotabaru

DPRD Kabupaten Kotabaru gelar rapat Paripurna dengan acara Pidato Bupati Kotabaru menyampaikan 2 (dua) Buah Raperda, Senin (17/6/19) di Ruangan Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan.
Acara dihadiri Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kotabaru, Sekda Kotabaru, Anggota DPRD Kabupaten Kotabaru, Forkopimda, yang salah satunya Ketua Pengadilan Agama Kotabaru Eny Rianing Taro S.Ag M.Sy Para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala BPKAD Kotabaru, Kepala SKPD dan SKPD Kotabaru
.
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kotabaru Muhammad Arif, S.H, M.Hum mengatakan, hari ini rapat Paripurna DPRD Kabupaten Kotabaru masa persidangan III, Rapat Ke-7 Tahun Sidang 2018/2019 tanggal 17 Juni 2019. Perlu kami sampaikan bahwa Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Kotabaru hari ini acara pokok: Pidato Bupati Kotabaru menyampaukan 2 (dua) Buah Raperda:
1. Izin Usaha Jasa Kontuksi dan Tanda Daftar Usaha Perseorangan.
2 . Badan Permusyawaratan Desa.

" Selanjutnya Pidato Bupati Kotabaru yang disampaikan Sekda Kotabaru Drs Said Akhmad, MM mengatakan, dalam rangka menjalankan roda pemerintahan didaerah yang merupakan amanah dari Undang-Undang, izinkanlah kami menyampaikan 2 (dua) buah Raperda untuk dibahas bersama-sama dengan Anggota DPRD Kabupaten Kotabaru yang terhormat. 

Adapun dua buah Raperda yang akan kami sampaikan :
1. Izin Usaha Jasa Kontuksi dan Tanda Daftar Usaha Perseorangan.
2 . Badan Permusyawaratan Desa. Dengan disampaikan Raperda ini maka kami berharap kiranya dalam pembahasan dua Raperda ini dapat diteliti, dibahas dan disepakati untuk menjadi Perda. Sekiranya Perda ini ditetapkan akan dapat membawa manfaat yang sebesar-besarnya bagi pelaksaan pembangunan di Kabupaten Kotabaru yang sama-sam kita cintai.

Kata Arif," Rancangan ini akan saya serahkan secara symbolis kepada seoarang Anggota DPRD Kabupaten Kotabaru.

syafiq - 2019-06-19

Pembukaan Praktikum Mahasiswa Fakultas Syariah, Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin

Pembukaan Praktikum Mahasiswa Fakultas Syariah, Universitas  Islam Negeri Antasari Banjarmasin

Senin, 17 Juni 2019, Pengadilan Agama Kotabaru menerima  Mahasiswa Praktikum Fakultas  Syariah Prodi Hukum Keluarga Islam,  Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin dan Pengadilan Agama Kotabaru menjadi salah satu tempat dimana  para Mahasiswa mengunjungi dan mempelajari  Hukum Acara dan praktek persidangan dan hal lain yang menjadi tupoksi dari Pengadilan Agama Kotabaru.

Tujuan dari studi ini adalah untuk meningkatkan keterampilan aplikatif siswa dalam mengumpulkan, mengklasifikasikan, mengikuti praktetk persidangan, menafsirkan, menganalisis dan menyimpulkan data sebagai pengalaman penelitian lapangan.

Bertempat diruang sidang utama Pengadilan Agama Kotabaru, pukul 08.00 diadakan pembukaan mahasiswa praktikum dari Fakultas Syariah Universitas  Islam Negri Antasari Banjarmasin  yang dihadirti oleh Ketua Pengadilan Agama Kotabaru  Eny Rianing Taro S.Ag M.Sy, Hakim Pengadilan Agama Kotabaru Adriansyah SHI   sebagai Dosen Pamong, Panitera Pengadilan Agama Kotabaru, Ridhiaweniaty, S.H dan Sekretaris  Pengadilan Agama Kotabaru Ahmad Muzakkir SHI dan Dosen Pembimbing  Ari Sulistio SH M.H;

Dilanjutkan dengan penyambutan dan penyerahan   mahasiswa dari dosen Fakultas Syariah, Universitas  Islam Negri Antasari Banjarmasin. Itu menyatakan bahwa praktek di Pengadilan  Agama Kotabaru dimulai dari 17 Juni  hingga 17 Juli 2019. Para peserta Praktikum di Pengadilan Agama Kotabaru dihadiri oleh 11 siswa, Selanjutnya Dosen mengucapkan terima kasih kepada keluarga Pengadilan Agama Kotabaru yang telah memberikan izin kepada mahasiswa Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin untuk mempelajari hukum acara dan praktek persidangan Pengadilan Agama yang kemudian menyerahkan siswa ke Pengadilan Agama Kotabaru untuk dibimbing.

Ketua Pengadilan Agama Kotabaru Eny Rianing Taro S.Ag M.Sy dalam sambutannya menyampaikan  siap menerima dan terima kasih yang telah dipercayakan  ke Pengadilan Agama Kotabaru untuk memandu mahasiswa dan berharap dapat memanfaatkan waktu dan kesempatan PPL untuk menyerap semua pengetahuan yang diperoleh di Pengadilan Agama Kotabaru. 

Dengan ini Praktikum Mahasiswa Fakultas Syariah Universitas  Islam Negeri Antasari Banjarmasin di Pengadilan Agama Kotabaru resmi dibuka ..(abi-)




admin - 2019-05-23

Ketua PTA Banjarmasin Lantik Hakim Tinggi dan 6 Ketua Pengadilan Agama

Selasa, 21 Mei 2019, bertempat di aula PTA. Banjarmasin digelar acara  Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan sejumlah pejabat yaitu :
1. Hakim Tinggi PTA. Banjarmasin An. Drs. H. Mahjudi, M.H.I yang sebelumnya adalah Hakim Tinggi PTA. Gorontalo menjadi Hakim Tinggi PTA. Banjarmasin
2. Drs. H. Suhardi, S. H., M.H. yang sebelumnya adalah Wakil Ketua PA. Tuban Kelas IA, menjadi Ketua PA. Banjarmasin Kelas IA
3. Drs. Hj. St. Masyhadiah D, M.H., yang sebelumnya adalah Ketua PA. Pelaihari Kelas IB menjadi Ketua PA. Martapura Kelas IB
4. Drs. H. Alpian, S.H., M.H.I., yang sebelumnya adalah Wakil Ketua PA. Palangkaraya Kelas IB menjadi Ketua PA. Martapura Kelas IB
5. Siti Fadiah, S.Ag., M.H. yang sebelumnya adalah Wakil Ketua PA. Kandangan Kelas II menjadi Ketua PA. Kandangan Kelas II
6. Eny Rianing Taro, S.Ag., M.Sy yang sebelumnya adalah Wakil Ketua PA. Pangkalan Kerinci kelas II menjadi Ketua Pengadilan Agama Kotabaru Kelas II. 

Dalam sambutannya, Drs. H. Sarif Usman, S.H., M.H. (Ketua PTA Banjarmasin) mengucapkan selamat bergabung di wilayah PTA Banjarmasin. Mutasi dan promosi adalah hal yang biasa dialami khususnya bagi Hakim, di manapun kita bertugas, itulah kewajiban kita sebagai aparat Peradilan. Kepada Hakim Tinggi yang baru dilantik, beliau berharap kehadirannya dapat membawa PTA Banjarmasin lebih baik lagi, terlebih dalam hal pelaksanaan Zona Integritas yang beberapa minggu lalu telah dinilai oleh Badan Pengawasan dengan capaian 88,99. "Dengan berkurangnya Hakim Tinggi sebanyak 11 orang dan tambahannya hanya 2, diharap yang baru dilantik dapat memenuhi kinerja 11 orang tersebut", gurau beliau. Kepada Ketua PA yang baru dilantik, agar mampu mengimbangi bahkan kalau perlu berinovasi lebih dalam rangka mewujudkan program unggulan Dirjen Badilag dan PTA Banjarmasin seperti E-Keuangan Perkara dan E-Register Perkara. 

Lebih lanjut Ketua PTA berpesan kepada seluruh PA diwilayah Kalimantan Selatan baik yang menjadi Pilot Project Zona Integritas maupun yang bukan, agar tetap mempersiapkan diri dengan melakukan pembenahan-pembenahan dalam berbagai aspek, khususnya dalam hal inovasi dan pelayanan prima kepada masyarakat. Terkait pelaksanaan Upacara Hari Kesaktian Pancasila tanggal 1 Juni 2019 yang secara kebetulan jatuh pada hari Sabtu (libur), Ketua PTA menghimbau secara tegas agar dilaksanakan dan tidak ada upaya diskusi atau pembahasan lebih lanjut.

 

Rangkaian acara pelantikan dilanjutkan dengan foto bersama.

 

20190521 150931





admin - 2019-05-17

Penguji seminar laboratorium kepemimpinan apresiasi Sekretaris PA. Kotabaru

Kerja keras dalam mewujudkan rancangan proyek perubahan dalam waktu kurang lebih 2 bulan ternyata tidak sia-sia. Maka Pada hari kamis, tanggal 16 Mei 2019. Akhmad Muzakkir,SHI Sekretaris PA Kotabaru sebagai peserta diklat kepemimpinan tingkat IV angkatan XXVIII Mahkamah Agung RI tahun 2019 dan selaku project leader mendapatkan apresiasi dari penguji seminar laboratorium kepemimpinan yakni KPTA Bandung Drs.M.Taufiq,H.Z,M.H.I, menurut beliau inovasi yang dilakukan Sekretaris PA Kotabaru sangat bermanfaat karena dalam aplikasi yang diberi nama pojok sikep, selain menyajikan informasi bezzeting, info cuti, info, kenaikan gaji berkala,saldo cuti tahunan, permohonan cuti, izin keluar kantor juga menyajikan daftar LHKPN, beliau berharap program tersebut bisa masuk ke kancah nasional, minimal bermanfaat di wilayah PTA Kalimantan Selatan.

Seminar akhir ini adalah pembuktian bahwa project leader bersama tim efektif telah menyelesaikan proyek perubahan dengan baik sesuai schedule. Dalam seminar laboratorium kepemimpinan tersebut juga langsung menghadirkan ketua PA.Kotabaru Hj.Aslamiah, S.Ag, M.H selaku mentor ke Bandung. Sekretaris PA Kotabaru mengungkapkan bahwa apresia ini adalah buah manis hasil  kerja sama yang solid dari project leader proyek perubahan bersama tim efektif dan dukungan dari mentor serta seluruh stakeholder PA.Kotabaru. Adapun judul proyek perubahaannya adalah penggunaan pojok sikep dalam rangka optimalisasi pelayanan administrasi kepegawaian pada Pengadilan Agama Kotabaru. Insya Allah ke depannya akan ada inovasi-inovasi lain yang akan mempermudah kita dalam melaksanakan pekerjaan kita sehari-hari di  Kantor.



syafiq - 2019-05-10

Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Pengadilan Agama Kotabaru

Pasca Rapat Koordinasi (Rakor) tanggal 03 Mei 2019 di Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin maka Kamis, tanggal 9 Mei 2019 tepat jam 09.00 wita bertempat di ruang sidang Utama Pengadilan Agama Kotabaru diadakan Sosialisasi hasil Rakor di PTA Banjarmasin yang beberapa hari yang lalu diikuti oleh Ketua, PA Kotabaru, hal ini sebagai upaya Pengadilan Agama Kotabaru untuk merespon cepat hasil rakerda tersebut dan mensosialisasikan hasil program-program dari Rakor kepada aparatur Pengadilan Agama 

Dalam pemaparannya, Ketua PA Kotabaru, Hj. Aslamiah, S.Ag.,M.H mengawali sosialisasinya beliau menyampaikan bahwa Perlu upaya terus menerus untuk meningkatkan kinerja, kualitas dan kuantitas pelayanan terhadap masyarakat dijajaran Pengadilan Agama Kotabaru dan upaya peningkatan pelayanan tersebut harus disertai dengan peningkatan kualitas  SDM masing-masing aparat pelaksana tugas secara individual maupun organisasi.

Terakhir dipenghujung rapat, Sekretaris PA Kotabaru, Ahmad Muzakkir, S.H.I sosialisasi dan Launching Aplikasi Pojok SIKEP dalam rangka optimalisasi pelayanan kepegawaian pada Pengadilan Agama Kotabaru". sosialisasi tersebut merupakan salah satu tahapan  atau milestone dengan tujuan agar seluruh stakeholder yang ada di Pengadilan Agama Kotabaru mengetahui dan memahami kebermanfaatannya bagi satker sehingga stakeholder dapat memberikan dukungan penuh agar proyek perubahan dapat terlaksana dengan baik. 

DIKLAT PIM IV yang diikuti oleh Sekretaris merupakan angkatan XXVIII tahun 2019 yang dilaksanakan oleh Mahkamah Agung RI bekerjasama Balai Diklat Keagamaan Bandung dan sekarang memasuki tahap breakthrough II (of campus) kembali ke Satker untuk melaksanakan proyek perubahan di Pengadilan Agama Kotabaru.     

Ketua Pengadilan Agama Kotabaru Hj. Aslamiah S.Ag M.H mengatakan aplikasi tersebut sangat membantu dan mempermudah pekerjaan kesekretariatan.


syafiq - 2019-05-09

Rapat Pembinaan dan Evaluasi seluruh tenaga honorer


Rapat Pembinaan dan Evaluasi seluruh tenaga honorer, diadakan pada hari Kamis pukul 11.00 WIT, bertempat di ruang rapat Pengadilan Agama Kotabaru, dihadiri oleh Hakim Pengawas Bidang Umum Pengadilan Agama Kotabaru Adriansyah SHI  dan Kasubbag Umum Hj Helda Rahmawati SH serta dihadiri oleh seluruh tenaga honorer Pengadilan Agama Kotabaru.

Pengarahan Hakim Pengawas Bidang Umum Pengadilan Agama Kotabaru Adriasyah SHI mengucapkan terima kasih atas kinerja para tenaga honorer, beliau menilai kinerja Tenaga Honor pada Pengadilan Agama Kotabaru cukup bagus namun jangan berbesar hati, oleh karena itu agar  bisa ditingkatkan menjadi lebih baik lagi. Beliau juga menyampaikan berdasarkan hasil evaluasi kasubbag umum mengenai kinerja tenaga honorer selama ini , dan sehubungan dengan terbatasnya tenaga honorer yang ada di Pengadilan Agama Kotabaru, maka Kasubbag Umum memberikan tugas tambahan dan memberlakukan rolling terhadap kinerja para tenaga honorer, behwa pada Evaluasi kinerja ini bertujuan untuk mengukur kinerja masing-masing tenaga honorer dalam mengembangkan, mendukung, dan meningkatkan kualitas kerja, sehingga masing-masing tenaga honorer bisa ada perbaikan atas pekerjaan yang dirasa kurang sesuai atau belum maksimal.

Pengarahan Kasubbag Umum Hj Helda Rahmawati, menyampaikan agar para tenaga honorer bisa saling bersinergi, dan kompak dalam bekerja, punya rasa memiliki terhadap kantor dan memiliki tanggung jawab penuh pada pekerjaan, dan dalam menghadapi apapun dalam bekerja kita jalin komunikasi secara kekeluargaan, jika ada permasalahan harus segera ditanggulangi bersama, apabila tidak bisa mengatasi permasalahan yang ada bisa dikoordinasikan dengan pimpinan. Dengan demikian akan tercipta suasana yang kondusif di kantor tempat kita bekerja.

Dilanjutkan pemaparan job Discription untuk masing-masing tenaga honorer, dan menyampaikan bahwa pada tahun 2019 ini seluruh tenaga honorer mendapatkan jadwal Kebersihan, bagi tenaga honorer, Setelah disampaikan secara detil pembagian tugas tersebut, Kasubbag Umum memberikan kesempat kepada tenaga honorer untuk memberikan masukan apabila ada permasalahan yang perlu disampaikan.



syafiq - 2019-05-03

PETUGAS BPJS KESEHATAN SAMBANGI PA. KOTABARU

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memastikan Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) atau yang akrab disebut honorer/tenaga kontrak mendapatkan fasilitas Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang sama dengan Pegawai Negeri. 

Oleh karena itu pada Senin (30/4) Pengadilan Agama Kotabaru disambangi dua orang petugas dari BPJS Kesehatan cabang Kotabaru, maksud kedatangan mereka adalah untuk mengupdate data kepesertaan PPNPN dari Pengadilan Agama Kotabaru dan membuat berita acara rekonsiliasi kepesertaan JKN.  

Kedatangan mereka langsung diterima oleh Sekretaris Pengadilan Agama Kotabaru Akhmad Muzakkir,S.HI yang didampingi oleh Kasubbag Umum dan Keuangan Hj.Helda Rahmawati dan Kasubbag Perencanaan, TI dan Pelaporan Wage Yono Indra,S.Kom.

Menurut petugas BPJS, masuknya PPNPN dalam program JKN tersebut merupakan implementasi dari Peraturan Presiden Nomor 111 tahun 2013. Sesuai dengan aturan tersebut maka seluruh lembaga atau instansi Negara baik ditingkat pusat maupun daerah, wajib mendaftarkan pegawai honornya ke dalam sistem JKN.

Setelah melakukan updating data, petugas BPJS Kesehatan mohon pamit untuk pulang dan akan mengirimkan datanya ke kantor BPJS Cabang Banjarmasin.



admin - 2019-04-30

Pembinaan Dirjen Badilag dan Penandatanganan Kontrak Kinerja serta Penyerahan SK

Kepada Yth. 

1. Ketua Mahkamah Syar'iyah Aceh
2. Ketua Pengadilan Tinggi Agama
Seluruh Indonesia

Assalamu alaikum wr. wb.

Dengan ini kami sampaikan dengan hormat surat Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama  MA RI Nomor : 1606/DJA/KP.04.6/IV/2019, tanggal 26 April 2019, perihal "Pembinaan Dirjen Badilag dan Penandatanganan Kontrak Kinerja serta Penyerahan SK".
Demikian, terima kasih.

Wassalamu'alaikum wr. wb.

Untuk mendownload surat dan lampiran, klik link di bawah ini :

Pembinaan Dirjen Badilag dan Penandatanganan Kontrak Kinerja serta Penyerahan SK

        


Pimpinan


Statistik Pengunjung

Pemda Kotabaru