List Berita Pengadilan Agama Kotabaru

admin - 2018-12-03

Closing Meeting Asessmen External Badilag

CLOSING MEETING ASESMEN EKTERNAL BADILAG

DI PENGADILAN AGAMA KOTABARU


Setelah melalui proses yang cukup panjang selama tiga hari berturut-turut assesment eksternal melaksanakan tugas dalam rangka penilaian Akreditasi Penjaminan Mutu PengadilanAgama pada PA Kotabaru, maka pada hari Sabtu tanggal 1 Desember 2018 tepat jam 11.00 siang kegiatan ini ditutup melalui acara closing meeting, bertempat  di Ruang Sidang PA Kotabaru yang diikuti oleh seluruh pegawai beserta honorer PA Kotabaru serta assessor eksternal badilag, Ibu Hj. Siti Romiyani, S.H.,M.H sebagai Lead Asesor dan asesor pendamping dari PTA. Kalsel Bapak Hendriansyah, S.H.,M.H., (Sekretaris PTA. Kalsel) dan Bapak Fachruji, S.H  serta Ahmad Syarif Fuadi.

Kegiatan closing meeting ini dibuka dengan membaca Basmalah kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu “bagimu negeri” serta dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Bapak Abd. Hamid, S.H (Panitera Pengganti) PA Kotabaru.

Kemudian sambutan berturut-turut diawali dari Ibu Hj. Aslamiah, S.Ag.,M.H, Ketua Pengadilan Agama Kotabaru selaku Top Manajemen dan dilanjutkan sambutan dari ketua APM Bapak Achmad Sya’rani, S.H.I dalam sambutannya beliau “senada” menyampaikan pertama ucapan terima kasih atas kesediaan tim asesor yang telah melaksankan penilaian hasil kerja dan kinerja seluruh pegawai di Pengadilan Agama Kotabaru, yang pasti ini adalah hasil kerja maksimal dari kami seluruh Pegawai Agama Kotabaru, dengan segala keterbatasan baik SDM, personil maupun sarana dan prasarana “ ujar beliau, namun hal tersebut bukanlah menjadi alasan untuk selalu berbuat dan bekerja dengan baik dan Profesional sesuai dengan tupoksi masing-masing.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyampaian beberapa poin hasil assesmen eksternal yang langsung disampaikan oleh Lead Assessor Ibu Siti Romiyani, S.H.,M.H, yang pertama beliau mengungkapkan rasa senang dan bangganya “terakhir saya berkunjung ke PA Kotabaru pada tahun 2016 dan pada waktu masih banyak perlu di benahi terutama dibidang administrasi, dan setelah 3 hari saya melakukan asesmen di PA Kotabaru, Alhamdulillah sudah banyak sekali kemajuan yang sudah dilaksanakan disini, seluruh pegawai Pengadilan Agama Kotabaru terlihat sangat kompak, kebersihan kantor sudah bagus dan tetap terus dipertahankan dan ditingkatkan, kemudian untuk PTSP sudah berjalan dengan baik dan sudah sesuai dengan buku acuan dari Badilag “ujar beliau.  Sedangkan untuk pemeriksaan dokumen, wawancara, observasi dan telusur langsung kepada pelaksana memang ada beberapa temuan dan harus segera di perbaiki dan ditindak lanjuti. Pada intinya akreditasi penjaminan mutu peradilan agama ini akan berjalan dan sukses apabila semua unsur saling mendukung dan bekerjasama serta  adanya perencanaan yang matang, sehingga kita dapat mengukur kinerja dan kendala yang ada serta mengetahui kelemahan dan kekuatan di Pengadilan Agama Kotabaru.

Selanjutnya setelah menyampaikan hasil temuan dan dibuat dalam bentuk kontrak kinerja permintaan perbaikan yang ditandatangani oleh Top Manajemen, Ketua APM, Koordinator Asesor Internal, Koordinator SKM serta Koordinator Pengendali dokumen  dan diketahui oleh Tim Asesor Ekternal, maka permintaan perbaikan dari Asesor ekternal akan ditindak lanjuti dan akan segera di perbaiki dalam tenggang waktu 1 bulan.

Dengan berakhirnya penyampaian hasil asesmen ekternal dari Lead Asesor Badilag, maka selesailah acara closing meeting dan semoga Pengadilan Agama Kotabaru mendapat nilai yang baik sesuai harapan bersama namun yang lebih penting dari itu selesainya penilaian bukan akhir dari kegiatan APM namun sebaliknya merupakan awal bagaimana kita merubah pola pikir dalam bekerja dalam suatu lembaga peradilan, sehingga nilai–nilai yang terkandung dalam Visi Misi, Maklumat Pelayanan, Kebijakan Mutu, SOP dan lain sebagainya yang termuat dalam dokumen APM bukan hanya dokumen dan selogan yang hanya tersimpan rapi di dalam lemari penyimpanan arsip APM serta terpampang rapi di dinding kantor pengadilan, namun yang lebih penting dari itu, bagaimana kita mengimplementasikan slogan dan janji yang telah kita ucapkan dalam wujud nyata dengan memberikan pelayanan yang terbaik dan prima terhadap masyarakat pencari keadilan..PA Kotabaru Mantap (Mandiri, Transparan, Akuntabel dan Profesional)..Bersama Insya Allah Kita Bisa.. 



admin - 2018-11-29

OPENING MEETING ASESSMEN EXTERNAL BADILAG DI PENGADILAN AGAMA KOTABARU

Kotabaru, (29/11/2018), dilaksanakan acara opening meeting Assesor Eksternal di Pengadilan Agama Kotabaru. Acara dimulai Pukul 09.00 WIB setelah seluruh pegawai PA Kotabaru melaksanakan Apel Bendera HUT Korpri dan bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Kotabaru, yang dihadiri oleh Ketua, Para Hakim, Panitera, Sekretaris, para Pejabat Kepaniteraan dan Pejabat Kesekretariatan, juga seluruh tenaga Honorer Pengadilan Agama Kotabaru. Acara opening meeting dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa, 


kemudian sambutan Ketua Pengadilan Agama Kotabaru, Hj. Aslamiah, S.Ag.,M.H, dalam sambutannya Beliau menyampaikan terima kasih dan selamat datang kepada Tim Assessor Eksternal yang akan melakukan Assessment di Pengadilan Agama Kotabaru, dan  beliau juga berharap mudah-mudahan dengan waktu beberapa hari asesmen ini akan dicapai apa yang diharapkan, dan juga mohon bimbingan serta arahannya. 


Sambutan selanjutnya, oleh Bapak Achmad Sya’rani, S.H.I yang juga sebagai Ketua APM Pengadilan Agama Kotabaru, juga menyampaikan selamat datang kepada Tim Assessor Eksternal, dan juga ucapan terima kasih kepada seluruh unsur yang terlibat dalam pelaksanaan APM pada Pengadilan Agama Kotabaru, atas segala kerja keras dan upayanya dalam mensukseskan pelaksanaan APM serta Assesment Eksternal di Pengadilan Agama Kotabaru. Kemudian juga dalam sambutannya, Bapak Achmad Sya’rani, S.H.I selaku Ketua APM menyampaikan laporan tentang pelaksanaan APM pada Pengadilan Agama Kotabaru, bahwa APM di Kotabaru dimulai sejak 25 Oktober 2018 berdasarkan SK No. W15-A6/976.a/KP.01/X/2018, dengan keterbatasan SDM yang ada dengan mengutamakan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan, dengan tidak meninggalkan komitmen untuk menyongsong penilaian APM, tentunya masih banyak kekurangan disana-sini, oleh karena itu kami mengharapkan saran dan arahannya demi perbaikan, kata Ketua APM. 



Kemudian dilanjutkan sambutan dari Lead Assesor Eksternal yaitu Ibu Hj. Siti Romiyani, S.H.,M.H dalam sambutannya beliau menyampaikan dan berharap bahwa dalam penilaian selama 3 hari ini diharapkan sistem APM di Pengadilan Agama Kotabaru bisa berjalan dengan baik dalam rangka mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat pencari keadilan, dan cara penilaian APM nantinya dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan telusur dokumen, setelah sambulan Lead Assesor acara ditutup dengan yel-yel yang dipimpin oleh Sekretaris APM , sukses APM Kotabaru. PA Kotabaru Mantap.


Rosehan - 2018-10-31

Pengantar Alih Tugas

 

Sesuai dengan Surat Keputusan dari Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Agama tertanggal 9 Agustus 2018 dan 26 September 2018, tentang Promosi dan Mutasi Ketua, Wakil Ketua dan Hakim di Lingkungan Peradilan Agama, Pengadilan Agama Kotabaru akan kehilangan 2 (dua) orang hakim. Kedua hakim yang dimaksud adalah Ym. Awaluddin Nur Imawan, S.Ag. yang akan bertugas sebagai Ketua Pengadilan Agama Merauke dan Ym. Samsul Bahri, SHI, yang sejak tanggal 26 Oktober 2018 telah dilantik sebagai Hakim Pengadilan Agama Tamiang Layang.

Kemudian pada Rabu pagi, tanggal 31 Oktober 2018, pukul 11.00 WiTa, Pengadilan Agama Kotabaru melaksanakan acara resmi dengan tajuk Pengantar Alih Tugas untuk 2 orang Hakim Pengadilan Agama Kotabaru yang akan dan telah dilantik di tempat kerja yang baru tersebut.

Acara tersebut dibuka dengan Lantunan Pembacaan Ayat Suci Al Qur’an dari Abd. Hamid, SH, Panitera Pengganti pada Pengadilan Agama Kotabaru yang kemudian disusul dengan penyampaian kesan dan pesan dari yang ditinggalkan, dalam hal ini diwakili oleh Ym. Achmad Sya’rani, SHI, beliau berpesan bahwasanya segala hal baik yang terjadi sekiranya dilanjutkan di tempat kerja yang baru dan segala hal buruk yang terjadi lebih baik ditinggalkan.

Kemudian pesan dan kesan dari pihak yang meninggalkan beurutan disampaikan oleh Ym. Awaluddin Nur Imawan, S.Ag. dan Ym. Samsul Bahri, SHI. Dalam sambutan beliau berdua pada intinya adalah menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya dan permohonan maaf seluas-luasnya apabila ada kesalahan yang pernah diperbuat selama bertugas. Pertunjukan seni madihin dari Ym. Samsul Bahri, SHI, menjadi penutup sekaligus kenang-kenangan yang beliau persembahkan kepada seluruh pegawai Pengadilan Agama Kotabaru.

Sambutan dari Ketua Pengadilan Agama Kotabaru, Ym. Hj. Aslamiah, S.Ag., MH, menjadi sesi pelengkap acara yang berlangsung di Aula Pengadilan Agama Kotabaru tersebut, beliau merasa sangat kehilangan denagn kepergian kedua hakim tersebut namun mengucapkan harapan semoga selalu sukses di tempat kerja yang baru. Acara mendekati akhir dengan pembacaan doa yang disampaikan oleh Kasubbag Kepegawaian, Organisasi dan Tata Laksana Pengadilan Agama Kotabaru, H. Zaki Firdaus, SHI.

Acara kemudian ditutup dengan pemberian kenang-kenangan dan segmen dokumentasi foto bersama.

 


Syafiq - 2018-10-24

PA Kotabaru Nobar Peresmian operasional 85 Pengadilan baru

Menindaklanjuti Surat edaran Sekretaris Mahkamah Agung No.  9 Tahun 2018 Tentang Publikasi Peresmian Operasional Pengadilan baru.dalam hal ini PA kotabaru yang tidak bisa menyaksikan secara langsung. Maka PA kotabaru mengadakan NOBAR (Nonton Bareng) atau menyaksikan secara Livestreaming acara tersebut di Aula PA  Kotabaru. acara Nobar (Nonton Bareng) di pimpin langsung oleh Ketua PA Kotabaru  Hj Aslamiah S. Ag SH., MH., dan disaksikan oleh para Hakim, Panitera, Sekretaris serta karyawan-karyawati Pengadilan Agama Kotabaru.

 

Diawali dengan sambutan Bupati Kepulauan Talaud, dilanjutkan laporan panitia oleh Sekretaris MA, Sambutan Gubernur Sulawesi Utara dan Sambutan sekaligus Peremian 85 Pengadilan Baru oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) Prof. Dr. H. Muhammad Hatta Ali SH,. MH. 

Dari 85 Pengadilan yang diresmikan, 30 diantaranya Pengadilan Negeri (PN), 50 Pengadilan Agama (PA), Tiga Mahkamah Syariyah, dan dua Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN)

Ketua Pengadilan Agama Kotabaru mengucapkan  selamat dan sukses kepada 85 Pengadilan Baru dengan Harapan segera beroperasi sehingga dapat membantu para pencari keadilan.

 


Syafiq - 2018-10-17

SIMPA dan SKM kreasi Anak Negeri

Perkembangan Teknologi yang semakin melesat menjadikan semakin banyak teknologi baru yang terus bermunculan. Sehingga pengguna teknologi itu sendiri dengan mudah mengakses teknologi tersebut

Senin, 15 Oktober 2018, bertempat di Aula Pengadilan Agama Kotabaru. Dalam kesempatan ini Meluncurkan SIMPA (Sistem Monitoring Pengadilan Agama) dan SKM (Surat Keluar Masuk) yang akan diterapkan di Pengadilan Agama Kotabaru.

 

SIMPA (Sistem Monitoring Pengadilan Agama) dan Aplikasi Antrian Pelayanan serta Persidangan

Simpa adalah Aplikasi yang dibuat untuk membantu pengawasan evaluasi kinerja SIPP yang dapat dipantau dengan mudah. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk antrian pelayanan dan antrian Persidangan yang lebih mudah dan efisien. Aplikasi ini dibangun oleh tim IT Pengadilan Agama Kotabaru yang kedepannya akan terus dikembangkan agar lebih baik.

Untuk fitur dari SIMPA itu sendiri memiliki halaman utama yang dapat memonitoring beberapa hal penting dari kinerja Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP).

 

 

 

Fitur selanjutnya bisa ditemukan pada menu Navigasi yang terdapat di menu. Seperti menu Penerimaan, penetapan, putusan, status persidangan keuangan dan antrian pelayanan.

Dengan Aplikasi ini admin dapat memantau hal-hal sebagai berikut :

1.       Perkara tidak ada para pihak dan tidak ada file petitum

2.       Perkara belum penetapan (PMH, PP, PJS, PHS)

3.       Perkara Putusan belum minutasi, tidak ada file Putusan atau file anonimisasi

4.       Menghapus atau mengubah system direktori Putusan gagal

5.       Status persidangan yang jadwal tundaannya belum dimasukkan, atau

         sudah putus namun belum dimasukkan di SIPP

6.       Dapat mencetak Pengembalian sisa Panjar dan jurnal keuangan Perkara

7.       Antrian Pelayanan serta antrian persidangan

8.       Evaluasi mingguan, bulanan dan tahunan

Adapun aplikasi masih dalam tahap perkembangan dan diharapkan nantinya Akan terus berkembang menjadi aplikasi yang lebih berguna untuk Pengadilan Agama.

 

Halaman Status sidang sudah lewat tanggal sidang

 

 

Halaman Perkara belum minutasi

 

 

Halaman Status direktori putusan

 

 

Halaman display Antrian

 

 

 

Halaman Untuk Memangil antrian realtime

 

Halaman untuk input data antrian

 

 

SKM (Surat Keluar Masuk)

Halaman tampilan SKM (Surat Keluar Masuk)

 

 

 

 

 

 

 Aplikasi SKM dibuat untuk memudahkan penyimpanan arsip surat keluar dan surat masuk Pengadilan Agama.

 

 

Dalam kesempatan ini Ketua Pengadilan Agama Kotabaru, Hj.Aslamiah S,Ag M.H di temui di  ruang kerja. mengatakan  dengan adanya Aplikasi ini  beliau berharap dapat dimanfaatkan dengan baik dan dapat menambah semangat kerja  karyawan karyawati Pengadilan Agama Kotabaru

Kemudian Kemunculan Aplikasi tersebut juga diterima dengan baik di Pengadilan Agama Kotabaru, dengan adanya Aplikasi SIMPA, pekerjaan menjadi lebih cepat. Ditemui di ruang kerja kepaniteraan mengatakan kemunculan Aplikasi ini sangat membantu kinerja kami dan untuk kedepannya mudahan Pengadilan agama Kotabaru lebih maju.

 

 

 

 


Syafiq - 2018-10-05

Pisah Sambut Pengadilan Agama Kotabaru

Ada pertemuan pasti ada perpisahan mungkin ini adalah salah satu pepatah yang tepat untuk keluarga Pengadilan Agama Kotabaru saat ini, Kotabaru (04/10/2018), Setelah melihat lampiran hasil rapat tim Promosi Mutasi (TPM) di Website Badan Peradilan Mahkamah Agung RI. Warga Pengadilan Agama Kotabaru menyadari bahwa akan terjadi pemindahan tongkat estafet Ketua disatuan kerja tempat mereka bekerja.

Dimana tahun lalu merupakan awal pertemuan dengan Drs. MARDISON, S.H., M.H. Sebagai Ketua Pengadilan Agama Kotabaru dan pada hari Kamis tepatnya tanggal 4 Oktober 2018 menjadi hari perpisahan, dimana Drs. MARDISON, S.H., M.H. akan melanjutkan pengabdian beliau di tempat yang barunya nantinya, Sebagai Hakim di Pengadilan Agama Balikpapan.

Hari Kamis tersebut merupakan hari penyambutan Ketua Pengadilan Agama yang baru Hj. ASLAMIAH, S.Ag., M.H. Acara pisah sambut Ketua Pengadilan Agama Kotabaru dari Drs. MARDISON, S.H., M.H. kepada Hj. ASLAMIAH, S.Ag., M.H.  berlangsung di Ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Kotabaru yang juga dihadiri FORKOPINDA  Kabupaten Kotabaru dan Karyawan - karyawati Pengadilan Agama Kotabaru serta Ibu - Ibu DHARMAYUKTI KARTINI KOTABARU

FORKOPINDA KABUPATEN KOTABARU

DHARMAYUKTI KARTINI KOTABARU

 

Acara yang berlangsung pada pukul 10.00 Wita hingga selesai acara, berlansung sangat meriah, namun ada rasa sedih karna akan berpisah dengan Ketua Pengadilan Agama Kotabaru yang lama, bapak Drs. MARDISON, S.H., M.H. yang hampir 4 tahun mengabdi di Pengadilan Agama Kotabaru bersama aparatur Pengadilan Agama Kotabaru lainnya.

Dalam sambutan Ketua Pengadilan Agama Kotabaru yang lama, Drs. MARDISON, S.H., M.H. mengucapkan selamat datang kepada ibu ketua Pengadilan Agama Kotabaru yang baru Ibu Hj. ASLAMIAH, S.Ag., M.H.   dan   beliau juga menyampaikan terima kasih yang setulusnya atas persaudaraan yang sepenuh hati dari Keluarga Besar Pengadilan Agama Kotabaru dan memohon maaf atas segala kesalahan dan kekhilafan. Harapan beliau kepada Ketua Pengadilan Agama Kotabaru yang baru agar dapat membentuk forum yang dapat menaungi karyawan - karyawati di lingkup Pengadilan Agama Kotabaru.

Kemudian dilanjutkan dengan penyampain pesan dan kesan dari warga Pengadilan Agama Kotabaru yang diwakili oleh Samsul Bahri S.H.I  beliau menyampaikan selamat datang bagi Ketua Pengadilan Agama Kotabaru yang baru. Selamat bertugas ditempat yang baru bagi Ketua Pengadilan Agama yang lama, terima kasih atas pengabdiannya kepada Pengadilan Agama Kotabaru. Semoga selalu diberi kesehatan oleh ALLAH SWT.

Acara selanjutnya dilanjutkan, dengan sambutan Ketua Pengadilan Agama Kotabaru yang baru ibu Hj. ASLAMIAH, S.Ag., M.H. Sambutan pertama perkenalan diri dan keluarga, kemudian beliau mengucapkan terimakasih kepada bapak Drs MARDISON S.H M.H atas pengabdiannya selama ini dan selamat bertugas ditempat yang baru dan juga selamat berkumpul kembali dengan keluarga,  dengan harapan semakin sukses disana. Selain itu juga memohon kepada bapak sekda serta unsur muspida agar menerima untuk ikut bergabung bersama di bumi saijaan ini. 

Selanjutnya  sambutan Bupati dalam hal ini diwakili oleh bapak sekda H. Sayed ahmad dalam sambutannya beliau juga mengucapkan terima kasih kepada bapak Drs. Mardison S.H M.H atas pengabdiannya dan selamat bertugas ditempat yang baru semoga tambah sukses,  dan kepada Ketua yang baru beliau mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung di bumi saijaan ini semoga bisa bersama-sama membangun bumi saijaan ini dan agar silahturahmi ini selalu terjalin dengan baik. 

Acara di tutup dengan Doa bersama yang dipimpin oleh bapak Adriansyah S.H.I kemudian dilanjutkan dengan pemberian cinderamata bingkisan dari FORKOPINDA Kabupaten Kotabaru serta Karyawan - Karyawati Pengadilan Agama Kotabaru 

 


Syafiq - 2018-10-12

Sidang Keliling di Desa Salino Kecamatan Pulau Laut Tengah

 

Sidang Keliling merupakan sidang pengadilan yang dilaksanakan di luar gedung pengadilan. Sidang Keliling diperuntukan bagi masyarakat yang mengalami hambatan untuk datang ke kantor pengadilan karena alasan jarak, transportasi yang minim, dan biaya. Dengan adanya sidang keliling masyarakat khususnya para pencari keadilan akan mendapatkan manfaat antara lain:

  •             Akses terhadap lokasi sidang menjadi lebih dekat dengan tempat tinggal pihak berperkara
  •             Biaya transportasi lebih ringan
  •             Menghemat waktu.

Pada Hari Kamis 11 Oktober 2018 Pengadilan Agama Kotabaru melaksanakan sidang keliling di Kecamatan Pulau Laut Tengah tepatnya didesa Salino, yang terdiri dari Samsul Bahri SHI (Ketua Majelis), Achmad Sya'rani SHI dan Adriansyah SHI (Hakim-Hakim Anggota), dengan dibantu oleh Rosehan Rizani S.H dan Abdul Hamid S.H sebagai Panitera Pengganti. Tim Sidang Keliling menempuhnya dengan jalur darat dan memakan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan. Jarak yang cukup jauh antara Pengadilan Agama Kotabaru dengan lokasi tempat digelarnya sidang keliling memang melelahkan, namun Tim Sidang Keliling yang di pimpin oleh Bapak Samsul Bahri SHI selaku ketua majelis, tetap menunjukan ekspresi semangat yang cukup tinggi demi terbantunya masyarakat pencari keadilan yang secara teritorial cukup jauh aksesnya ke Pengadilan Agama Kotabaru.

 

Setibanya dilokasi rombongan yang terdiri 6 orang tersebut, langsung disambut hangat oleh Hj Melinda Ratna agustina, S.STP,M.IP selaku Plt Camat Pulau Laut Tengah. Setelah melakukan ramah tamah dengan pihak dari Kecamatan Pulau Laut Tengah, persidangan pun mulai dibuka. Selama proses persidangan berlangsung, para pencari keadilan secara khidmat dan tertib menunggu giliran sidang. Jumlah perkara yang disidangan pada sidang keliling kali ini berjumlah 4 perkara. Acara Sidang Keliling di Kecamatan Pulau Laut Tengah pun berjalan sukses tanpa ada hambatan yang berarti.

Selanjutnya, Samsul Bahri SHI selaku Ketua Tim Sidang Keliling. juga menyampaikan bahwa Sidang Keliling di Kecamatan Pulau Laut Tengah telah sukses dilaksanakan beliau juga menjelaskan bahwa sidang keliling yang dilaksanakan di Kecamatan PLT tersebut merupakan kebijakan dari Mahkamah Agung, Republik Indonesia melalui Dirjen Badilag yang kemudian dirumuskan oleh Pengadilan Agama Kotabaru menjadi program kerja tahun anggaran 2018, yang motivasinya, menurut beliau, agar masyarakat pencari keadilan dapat dengan mudah mengakses Jalan. Hal ini dikarenakan jarak yang jauh akan memakan waktu dan biaya yang tidak sedikit, sehingga dengan adanya sidang keliling, para pencari keadilan sangat terbantu untuk menyalurkan hak-hak hukumnya demi mendapatkan keadilan yang mudah, cepat, dan biaya ringan.

Sidang Keliling di Kecamatan PLT, dilaksanakan di Kantor Kecamatan Pulau Laut Tengah. Setibanya dilokasi rombongan yang juga terdiri dari 6 orang tersebut, Tim langsung menuju ke tempat yang telah disediakan. Hal ini karena sudah ada masyarakat pencari keadilan yang menunggu lebih awal jari jadwal yang sudah ditentukan.

 

 

Sidang Keliling yang digelar oleh Pengadilan Agama Kotabaru mendapat respons yang positif dari masyarakat pencari keadilan. Mereka sangat terbantu dengan adanya sidang keliling, karena jarak yang jauh antara Kecamatan PLT  dengan Pengadilan Agama Kotabaru sangat memakan waktu dan biaya. Hal ini menyebabkan banyak masyarakat yang karena keterbatasan dana, transportasi, dan waktu, sangat sulit untuk mendapatkan akses keadilan. Namun, dengan adanya sidang keliling ini, masyarakat dengan sangat mudah dan tidak memakan biaya terlalu banyak, dapat menyalurkan hak-hak hukumnya untuk mendapatkan keadilan dari lembaga pengadilan. Warga mayasrakat sangat berharap sidang keliling ini bisa tetap dilakukan oleh Pengadilan Agama Kotabaru

 


Syafiq - 2018-10-02

Ketua PA Kotabaru hadiri Upacara peringatan Hari kesaktian Pancasila di Pemkab Kotabaru

 

 Kotabaru - Senen, 1 Oktober 2018, Upacara Peringatan hari Kesaktian Pancasila (Hapsak) digelar di lapangan Siring Laut Kabupaten Kotabaru. 

dengan tema "Pancasila Sebagai Landasan Kerja Mencapai Prestasi Bangsa"

Upacara Hapsak melibatkan perwira,prajurit, Kodim 1004 Kotabaru, Lanal Kotabaru, Tenaga PNS Pemkab Kotabaru, dan pelajar/Mahasiswa.

Dipanggung Kehormatan dihadiri Bupati Kotabaru beserta ibu, Sekda Kotabaru, Danlanal Kotabaru, Wakapolres Kotabaru, Ketua DPRD Kotabaru, Forkopinda Kotabaru salah satunya Ketua Pengadilan Agama Kotabaru Hj. Aslamiah S.Ag M.H. dan Tamu undangan lainya. 

Meski cuaca sangat panas Kegiatan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila berlangsung dalam suasana hening dan penuh khidmad. Bertindak selaku Inspektur Upacara pada rangkaian Peringatan Hari kesaktian Pancasila tahun 2018, Dandim 1004 Kotabaru inf Rony Fitriyanto S.sos.


Ridwan - 2018-08-17

Upacara Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73

 

KOTABARU - Jumat, 17 Agustus 2018 , Pengadilan Agama Kotabaru melaksanakan upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73. Bertempat di halaman depan Kantor Pengadilan Agama Kotabaru, yang menjadi pembina upacara adalah Wakil Ketua Pengadilan Agama Kotabaru, Awaluddin Nur Imawan, S.Ag.

 

Upacara bendera diikuti oleh seluruh hakim dan pegawai Pengadilan Agama Kotabaru. Hakim mengenakan Pakaian Sipil Lengkap (PSL), dan Pegawai menggunakan Seragam Korpri. Selain hakim dan pegawai, upacara bendera juga diikuti oleh 2 (dua) siswa magang dari SMKN 1 Kotabaru. Bertugas sebagai pemimpin upacara, Muhammad Fitri, S.Pd.I, memimpin jalannya upacara dengan penuh khidmat dari awal hingga selesai upacara bendera.

Upacara bendera ini adalah acara rutin yang dilaksanakan secara rutin setahun sekali, sebagai peringatan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sebagai generasi penerus, kita memiliki tugas mengisi kemerdekaan dengan pembangunan di segala bidang. Pembangunan adalah sebagai bentuk rasa syukur atas rahmat Allah Swt sehingga bangsa Indonesia dapat mencapai kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945. Sesuai engan tema peringatan kemerdekaan Indonesia tahun ini yakni “Kerja Kita, Prestasi Bangsa”.

 

Upacara berjalan dengan lancar, diakhiri dengan do’a serta pembubaran peserta upacara. Selesai upacara, seluruh hakim dan pegawai Pengadilan Agama Kotabaru melakukan foto bersama. Dirgahayu Indonesiaku, Jayalah Negeriku.

 


Ridwan - 2018-08-19

Peringatan HUT Mahkamah Agung ke-73 PA dan PN Kotabaru

 

 

KOTABARU – Minggu, 19 Agustus 2018, Pengadilan Agama Kotabaru bersama dengan Pengadilan Negeri Kotabaru melaksanakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun Mahkamah Agung Republik Indonesia yang ke-73. Bertempat di halaman kantor Pengadilan Negeri Kotabaru, pembina upacara adalah Ketua Pengadilan Negeri Kotabaru, Darwanto, SH, MH. Upacara diikuti oleh hakim dan pegawai Pengadilan Negeri Kotabaru dan Pengadilan Agama Kotabaru. Selain itu juga diikuti oleh Dharma Yukti Karini PA dan PN Kotabaru.

 

 

Tema peringatan Hari Ulang Tahun Mahkamah Agung ke-73 tahun 2018 adalah “Era Baru Peradilan Modern Berbasis Teknologi Informasi”. Tema ini sejalan dengan terbitnya PERMA Nomor 3 Tahun 2018 tentang Administrasi Perkara Di Pengadilan Secara Elektronik. Dengan terbitnya PERMA ini dan tema HUT Mahkamah Agung yang ke-73 ini, diharapkan membawa semangat bersama untuk mewujudkan Peradilan Cepat, Sederhana dan Biaya Ringan guna mewujudkan visi Mahkamah Agung tahun 2035 yakni “Terwujudnya Badan Peradilan Indonesia Yang Agung.

 

 

Setelah selesainya upacara bendera, acara peringatan HUT Mahkamah Agung dilanjutkan dengan acara jalan sehat dengan rute gedung PN Kotabaru – Jalan Jamrud – Jalan Biduri –  Jalan Jamrud dan diakhiri di Gedung PN Kotabaru. Acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Ketua Pengadilan Agama dan Pengadilan Negeri Kotabaru, sebagai bentuk rasa syukur atas ulang tahun Mahkamah Agung yang ke-73. Dalam hal ini yang mendapatkan kesempatan menerima potongan nasi tumpeng adalah Bapak Anang Rahman (PA Kotabaru) sebagai peserta tertua, dan Masmur Kaban (PN Kotabaru), sebagai peserta termuda.

 

 

 

Tidak berakhir sampai disini, sebelum acara ditutup pada kesempatan ini juga diisi dengan persembahan Lagu Kemesraan dari para Calon Hakim PA dan PN Kotabaru yang pada bulan September 2018 akan meninggalkan Kotabaru untuk mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Calon Hakim (PPC) di Jakarta. Calon Hakim menyampaikan kesan dan pesannya selama menjalani masa habituasi di Kotabaru sejak April 2018. Tidak ada kata lain, selain terima kasih karena sudah diterima menjadi bagian dari keluarga besar Mahkamah Agung, khususnya di Pengadilan Agama dan Pengadilan Negeri Kotabaru.