List Berita Pengadilan Agama Kotabaru

admin - 2019-03-13

Peningkatan Kinerja SIPP

Kepada Yth. 

1. Ketua Mahkamah Syar'iyah Aceh/ Ketua Pengadilan Tinggi Agama 

2. Ketua Mahkamah Syar'iyah /Ketua Pengadilan Agama

Seluruh Indonesia

Assalamu alaikum wr. wb.

Dengan ini kami sampaikan dengan hormat surat Direktur Jenderal badan Peradilan Peradilan Agama Nomor : 0858/DJA/HM.02.3/III/2019, tanggal 11 Maret 2019, perihal "Peningkatan Kinerja SIPP".

Demikian, terima kasih.

Wassalamu'alaikum wr. wb.

Untuk mendownload surat dan lampirannya, klik link di bawah ini :

1

Surat Pengantar

Download

2

Lampiran

Download


admin - 2019-03-13

Permintaan Data Kompilasi Beserta Dokumen Sumber PNBP

Kepada Yth. 

1. Ketua Mahkamah Syar'iyah Aceh/ Ketua Pengadilan Tinggi Agama 

2. Ketua Mahkamah Syar'iyah /Ketua Pengadilan Agama

Seluruh Indonesia

Assalamu alaikum wr. wb.

Dengan ini kami sampaikan dengan hormat surat Sekretaris Direktorat Jenderal Badan Peradilan Peradilan Agama Nomor : 0849/DJA.1/KU.03/III/2019, tanggal 08 Maret 2019, perihal "Permintaan Data Kompilasi Beserta Dokumen Sumber PNBP".

Demikian, terima kasih.

Wassalamu'alaikum wr. wb.

Untuk mendownload surat, KLIK DI SINI 

        


admin - 2019-03-13

Himbauan Untuk mengindentifikasi Pelayanan Terpadu Satu pintu (PTSP)

Kepada Yth. 

1. Ketua Mahkamah Syar'iyah Aceh
2. Ketua Pengadilan Tinggi Agama di seluruh Indonesia 

Assalamu' Alaikum wr.wb

Dengan ini kami sampaikan dengan hormat surat Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama MA RI Nomor : 0843/DJA/HM.00/III/2019, tanggal 6 Maret 2019, perihal "Himbauan Untuk mengindentifikasi Pelayanan Terpadu Satu pintu (PTSP)"

Demikian, terima kasih.

Wassalamu'alaikum wr. wb.

Untuk Mendownload Surat klik link dibawah

Himbauan Untuk mengindentifikasi Pelayanan Terpadu Satu pintu

        


admin - 2019-03-06

Hasil Rapat TPM Hakim pada Lingkungan Peradilan Agama

Kepada Yth. 

1. Ketua Mahkamah Syar'iyah Aceh
2. Ketua Pengadilan Tinggi Agama di seluruh Indonesia 

Assalamu' Alaikum wr.wb

Dengan ini kami sampaikan dengan hormat surat Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama MA RI Nomor : 0793/DJA/KP.04.6/III/2019, tanggal 5 Maret 2019, perihal "Hasil Rapat TPM Hakim pada Lingkungan Peradilan Agama"

Demikian, terima kasih.

Wassalamu'alaikum wr. wb.

Untuk Mendownload Surat dan Lampiran klik link dibawah

Hasil Rapat TPM Hakim pada Lingkungan Peradilan Agama

        


admin - 2019-03-04

Rapor Kinerja Penanganan Perkara Berdasarkan SIPP Tanggal 1 Maret 2019

Assalamu'alaikum wr. wb.

Dengan ini kami sampaikan  Rapor Kinerja Penanganan Perkara Berdasarkan SIPP Tanggal 1 Maret 2019.

Demikian, terima kasih.

Wassalamu'alaikum wr. wb.

Untuk mendownload file klik link dibawah

Rapor Kinerja Penanganan Perkara Berdasarkan SIPP Tanggal 1 Maret 2019


Pada rapor kali ini PA Kotabaru berada di urutan ke 51 di kategori V. Namun pada rapor ini terdapat perbedaan yang sangat besar pada data putusan Mahkamah Agung.

Table 1. Data Putusan di Putusan Mahkamah Agung                                                                        

201957
2018506
2017414

Table 2. Data Putusan di Rapor SIPP 1 Maret 2019

201953
2018471
2017153

admin - 2019-02-28

Pengukuhan Satgas TI PTA dan PA se Kalsel

pengukuhan 1

 

Pada hari Rabu, 13 Februari 2019 bertempat di Aula PTA Banjarmasin dilaksanakan pengukuhan Satuan Tugas (Satgas) Teknologi Informasi PTA Banjarmasin dan PA se Kalsel.

Sebagaimana SK Ketua PTA Banjarmasin Nomor W15-A/350/HM.02/3/2/2019 tanggal 7 FEbruari 2019, Tim Satgas yang diberi nama Satgas TI Putra Banua ini terdiri dari Dr. Sugiri Permana, S.Ag., M.H. sebagai Ketua Tim, Anas Rudiansyah, S.H.I., M.H. sebagai Wakil Ketua, Ahmad Syarif Fuadi, S.Kom. sebagai Sekretaris, dan Rudiansyah, S.Kom., Akhmad Isro, Respati Yudhatirta Pradita, S.T., Lupi Ananda, S.Kom., Hermawan Cahyo, S.Kom. serta Apriadi, S.Si. sebagai anggota.

 

pengukuhan 2

 

Dalam sambutannya pasca mengukuhkan Satgas TI tersebut, Ketua PTA Banjarmasin, Drs. H. Sarif Usman, S.H., M.H. dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada Satgas sekaligus memberikan pandangan tentang pentingnya peran TI dalam mendukung pelaksanaan tupoksi lembaga peradilan.

"IT seakan-akan menghilangkan jarak, segala sesuatu dapat dilakukan secara online. Pekerjaan kita akan menjadi rumit dan sulit jika tidak ada dukungan TI sekarang ini di tengah permasalahan kurangnya SDM", ungkap Ketua PTA Banjarmasin.

 

pengukuhan 4

 

Lebih lanjut, beliau berharap kepada Satgas TI agar dapat memberikan sumbangsih pemikiran dan tenaga dalam membenahi implementasi TI dan berinovasi demi mewujudkan PTA Banjarmasin dan PA se Kalsel menjadi yang terdepan.

Seusai rangkaian acara pengukuhan, Satgas langsung bergerak cepat dengan mengadakan rapat untuk membahas program kerja ke depan serta menindaklanjuti Surat Direktur Jenderal Badilag Nomor 0424/DJA/HM.00/II/2019 tentang "Penerapan Administrasi Register Perkara dan Keuangan Perkara Secara Elektronik pada Peradilan Agama".


admin - 2019-02-28

Ikuti Pameran Laporan Tahunan, Ingin Tahu Seperti Apa Booth Badilag

Untuk kali kedua, Ditjen Badan Peradilan Agama menjadi peserta pameran Laporan Tahunan MA RI di Jakarta Convention Center. Seperti tahun sebelumnya, yang diselenggarakan di tempat yang sama, Badilag masih mengusung pemanfaatan teknologi informasi sebagai materi pameran.

Tahun 2018 lalu, Badilag menampilkan pemanfaatan aplikasi SILARA yang dikembangkan dan diaplikasikan di wilayah PTA Bandarlampung, SIANSIDI yang dikembangkan PA Purwakarta dan aplikasi E-Perkara-nya PA Tangerang.

Kali ini, di pameran yang dibuka secara resmi oleh Ketua Mahkamah Agung, Prof. Dr. H. M. Hatta Ali, S.H., M.H. Rabu siang (27/2/2019), Badilag menampilkan aplikasi yang dikembangkannya sendiri. Tapi, ide aplikasi itu tetap bersumber dari inovasi yang dikembangkan oleh pengadilan dibawahnya. Dan, pada akhirnya aplikasi ini akan diterapkan di seluruh pengandilan agama dibawahnya.

Apa saja aplikasi itu??? Yang pertama aplikasi notifikasi perkara. Berbasis data SIPP, aplikasi ini mampu memberikan notifikasi kepada pihak berperkara terkait perkembangan perkaranya. Kedua, aplikasi informasi perkara. Melalui aplikasi ini, pemberian informasi yang diajukan oleh para pihak akan diberikan secara otomatis.

Ketiga, Badilag mengembangkan aplikasi antrian sidang. Aplikasi ini sudah sudah banyak dikembngkan oleh pengadilan agama. Namun, Badilag menginginkan dengan aplikasi ini mampu lebih memberikan prediksi dan jadwal persidangan secara cepat. Pihak berperkara dapat melakukan pendaftaran antrian secara online sehingga dpat menentukan sendiri waktu kedatangan ke persidangan. Diharapkan, melalui aplikasi ini tidak terjadi penumpukan para pihak yang datang di pengadilan.

Keempat, aplikasi verifikasi data kemiskinan. Bekerjasama dengan TNP2K, aplikasi yang dapat membantu menyajikan data masyarakat miskin ini, diharapkan dapat menjadi dasar pengadilan agama dalam pemberian prodeo kepada masyarakat yang akan mengajukan perkara di pengadilan agama.

Yang kelima, aplikasi e-eksaminasi. Adalah sebuah sistem yang dapat memberikan informasi dan pemetaan terhadap kompetensi hakim dalam memeriksa dan memutus perkara. Data dari aplikasi ini dapat digunakan sebagai data awal dalam menentukan kebijakan diklat, promosi dan mutasi.

Keenam, aplikasi PNBP. Terintegrasi dengan SIPP, aplikasi ini dapat membantu pencantatan PNBP seluruh pengadilan agama secara terpusat.

Lalu apa lagi yg ada di Booth Badilag??? Dirjen, Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. dari awal berkomitmen, Booth Badilag sudah tidak bersahabat lagi dengan kertas-kertas. Paperless istilah kerennya. Untuk buku tamu? Tentu saja pengunjung tidak menulis lagi di kertas buku tamu. Badilag sudah menyediakan tiga monitor sentuh sebagai medianya. Pengunjung hanya mengetik nama, jabatan dan asal instansi. Terus meng-klik tombol foto, dan secara otomatis foto dan data-data pribadi tersebut tersimpan di data pegunjung.

Informasi profil, evaluasi pemanfaatan SIPP dan informasi implementasi e-court sudah tersaji di monitor sentuh. Begitu pula informasi evaluasi website peradilan agama sudah tersaji disana. Bagi pengunjung yang ingin membaca atau men-download majalah yang diterbitkan Ditjen Badilag, pengunjung tinggal meng-klik-nya di layar monitor.

Media teleconference sudah tersedia juga. Dijadwalkan Ketua Mahkamah Agung akan berbicara jarak jauh terkait penerapan kebijakan Mahkamah Agung dengan 4 pengadilan agama yang telah ditunjuk. Yaitu, PA Pekanbaru, Ciamis, Surabaya dan PA Morotai di Maluku Utara.

Badilag juga menyediakan beberapa mechandise sebagai buah tangan bagi pengunjung. Untuk mendapatkannya, mudah saja. Pengunjung harus mampu menjawab pertanyaan seputar Mahkamah Agung dan peradilan agama dan mampu memasukkan bola golf. (hirpan hilmi)


admin - 2019-02-08

Rapor Kinerja Penanganan Perkara Berdasarkan SIPP Tanggal 1 Februari

Badilag Kembali mengumumkan hasil kinerja SIPP Peradilan Agama Bulan Februari Tahun 2019.

Pa Kotabaru mendapatkan Nilai Akhir Sebesar 74.90%.

Rapor Kinerja Penanganan Perkara Berdasarkan SIPP Tanggal 1 Februari 2019 

        


admin - 2019-01-15

Penilaian Penyelesaian Perkara Berdasarkan SIPP

Kepada Yth. 

1. Ketua Mahkamah Syar'iyah Aceh
2. Ketua Pengadilan Tinggi Agama
    Seluruh Indonesia

Assalamu alaikum wr. wb.

Dengan ini kami sampaikan dengan hormat surat Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama MA RI Nomor : 137/DJA/HM.02.3/I/2019, tanggal 10 Januari 2019, perihal "Penilaian Penyelesaian Perkara Berdasarkan SIPP".
Demikian, terima kasih.

Wassalamu'alaikum wr. wb.

Untuk mendownload surat klik link berikut ini :

Penilaian Penyelesaian Perkara Berdasarkan SIPP


admin - 2019-01-15

Kelengkapan Data Kenaikan Pangkat Otomatis (KPO)

Kepada Yth. 

1. Ketua Mahkamah Syar'iyah Aceh
2. Ketua Pengadilan Tinggi Agama
    Seluruh Indonesia

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Dengan ini kami sampaikan dengan hormat surat Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama MA RI Nomor : 125/DJA/KP.04.1/I/2019, tanggal 9 Januari 2019, perihal "Kelengkapan Data Kenaikan Pangkat Otomatis (KPO) ".

Demikian, terima kasih.

Wassalamu'alaikum wr. wb.

Untuk mendownload surat beserta Lampirannya klik link berikut ini :

1. Surat Pengantar
2. lampiran 1
3. lampiran 2
4. lampiran 3
5. lampiran 4