Selamat Datang di Situs Resmi Pengadilan Agama Kotabaru| Jalan Raya Stagen KM 10, Desa Stagen RT 2, Kec. Pulau Laut Utara, Kab. Kotabaru, Kalimantan Selatan| email : pa.kotabaru@gmail.com

Layanan Online

  • Pengadilan Agama Kotabaru

Kalender Hijriah

Selasa
12
Safar
1440 H

Polling

Agenda Kegiatan

    Web Info

    Jumlah Pengunjung :
    285034
    Pengunjung Hari Ini :
    60
    User Online :
    2
    Terakhir Update :
    23-10-2018

     

    Hati-Hati Politik Uang Pemilihan Ketua MA


    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemilihan ketua Mahkamah Agung (MA) harus bebas dari politik uang. Kalau sampai ada calon ketua MA menang karena menggunakan intrik uang, lebih baik kemenangannya dibatalkan dan digelar pemilihan ulang.

    "Jika terbukti ada politik uang, mari ramai-ramai kita laporkan ke aparat agar dipenjara sekalian," kata mantan ketua MA Bagir Manan kepada Republika, Rabu (25/1).

    Bagir mengharap, MA sebagai lembaga peradilan tertinggi di Indonesia harus memberi contoh para hakim yang bertugas di daerah. Karena itu, sangat memalukan jika sampai hakim agung ikut menggunakan cara-cara politik dengan memanfaatkan kekuatan uang untuk memuluskan pencalonannya.

    Menurut Bagir, ketua MA terpilih nantinya harus memenuhi tiga kriteria utama agar mampu membawa MA menjadi lembaga negara yang bebas dari interveni pihak luar. Kriteria itu antara lain berintegritas, menguasai bidang hukum, dan tegas mengambil kebijakan.

    "Dunia hukum harus dipimpin orang beritegritas melihat situasi penegakan hukum sekarang ini," cetus Ketua Dewan Pers tersebut.

     

    Total akses : 910