Selamat Datang di Situs Resmi Pengadilan Agama Kotabaru| Jalan Raya Stagen KM 10, Desa Stagen RT 2, Kec. Pulau Laut Utara, Kab. Kotabaru, Kalimantan Selatan| email : pa.kotabaru@gmail.com

Layanan Online

  • Pengadilan Agama Kotabaru

Kalender Hijriah

Selasa
4
Zulqaidah
1439 H

Polling

Agenda Kegiatan

    Web Info

    Jumlah Pengunjung :
    275031
    Pengunjung Hari Ini :
    52
    User Online :
    3
    Terakhir Update :
    13-07-2018

     

    KY Akan Ekstra Hati-hati Menyadap Hakim

    sumber : hukumonline (3/2)

    Komisi Yudisial segera merealisasikan kewenangannya untuk meminta bantuan penyadapan telepon hakim dalam waktu dekat sesuai dengan pasal 20 ayat (3) UU No 18 tahun 2011.

    "Saya sudah ketemu dengan Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas untuk membicarakan tentang mekanisme dan payung hukum penyadapan itu, agar tidak ada penyalahgunaan kewenangan," kata Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga KY, Ibrahim, usai menjadi pembicara dialog interaktif di Fakultas Hukum Universitas Jember, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Jumat (3/2).

    Menurut dia, KY tidak memilki kewenangan untuk melakukan penyadapan telepon hakim secara langsung, sehingga meminta bantuan aparat penegak hukum dari lembaga KPK, kepolisian, dan kejaksaan yang memiliki kewenangan itu.

    "KY tidak ingin meminta KPK atau polisi melakukan penyadapan terhadap hakim, apabila tidak punya dasar yang kuat. Kewenangan itu harus dilakukan secara hati-hati untuk menjaga kredibilitas hakim yang bersangkutan," katanya menjelaskan.

    Ia menegaskan KY akan meminta bantuan aparat penegak hukum untuk melakukan penyadapan telepon hakim berdasarkan fakta dan bukti-bukti yang kuat dari temuan KY atau laporan dari masyarakat, bukan sekedar dugaan saja.

    "KY ekstra hati-hati dalam menggunakan kewenangan penyadapan itu, agar tidak menjadi sesuatu yang kontra produktif dengan penegakan hukum di Indonesia," tuturnya.

    Ibrahim juga mengatakan bahwa fungsi penyadapan terhadap telepon hakim sangat dibutuhkan khususnya bidang pengawasan hakim, namun hal itu akan dilakukan secara rahasia.

    "Mudah-mudahan dalam waktu dekat fungsi meminta bantuan penyadapan sudah dapat dilaksanakan karena sesuai dengan UU Nomor 18 tahun 2011 tentang KY, penyadapan bisa dilakukan mulai Januari 2012," ujarnya menambahkan.


    Total akses : 873