Selamat Datang di Situs Resmi Pengadilan Agama Kotabaru| Jalan Raya Stagen KM 10, Desa Stagen RT 2, Kec. Pulau Laut Utara, Kab. Kotabaru, Kalimantan Selatan| email : pa.kotabaru@gmail.com

Layanan Online

  • Pengadilan Agama Kotabaru

Kalender Hijriah

Selasa
4
Zulqaidah
1439 H

Polling

Agenda Kegiatan

    Web Info

    Jumlah Pengunjung :
    275029
    Pengunjung Hari Ini :
    51
    User Online :
    1
    Terakhir Update :
    13-07-2018

     

    Keterbukaan Informasi Pengadilan ; Penerapan Sistem Penelusuran Alur Perkara

     KETERBUKAAN INFORMASI DI PENGADILAN DALAM

    PENERAPAN SISTEM PENELUSURAN ALUR PERKARA
    ( Oleh : * Dr. H. Ridwan Mansyur, SH, MH)
    Lahirnya Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik secara historis dilatarbelakangi oleh bergulirnya reformasi dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Reformasi yang sudah berumur satu dasawarsa telah membawa perubahan dalam sistem pemerintahan negara. Reformasi ditandai dengan adanya tuntutan tata kelola kepemerintahan yang baik (Good Governance) yang mensyaratkan adanya akuntabilitas, transparasi dan partisipasi masyarakat dalam setiap proses terjadinya kebijakan publik.

    Setiap Badan Publik sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 pasal 7 ayat 3 wajib membangun dan mengembangkan sistem informasi dan dokumentasi untuk mengelola informasi publik secara baik dan efisien sehingga layanan informasi dapat memberikan akses dengan mudah. Bahkan lebih lanjut setiap Badan Publik perlu melakukan pengelolaan informasi dan dokumentasi yang dapat menjamin penyediaan informasi yang mudah, cermat, cepat dan akurat.

    Transparansi peradilan bagi Mahkamah Agung saat ini bukan saja menjadi kebutuhan publik tetapi juga kebutuhan seluruh warga badan peradilan. Dalam SK No 144/SK/VIII/2007 yang diperbaharui dengan SK No 1 - 144/SK/KMA/I/2011 yang mengatur tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan sehingga dengan adanya transparansi peradilan, secara perlahan akan terjadi penguatan akuntabilitas dan profesionalisme serta integritas warga peradilan.
    selengkapnya....
    Total akses : 1422