Seputar Peradilan

Sidang Keliling merupakan sidang pengadilan yang dilaksanakan di luar gedung pengadilan. Sidang Keliling diperuntukan bagi masyarakat yang mengalami hambatan untuk datang ke kantor pengadilan karena alasan jarak, transportasi yang minim, dan biaya. Dengan adanya sidang keliling masyarakat khususnya para pencari keadilan akan mendapatkan manfaat antara lain:

  •             Akses terhadap lokasi sidang menjadi lebih dekat dengan tempat tinggal pihak berperkara
  •             Biaya transportasi lebih ringan
  •             Menghemat waktu.

Pada Hari Kamis 11 Oktober 2018 Pengadilan Agama Kotabaru melaksanakan sidang keliling di Kecamatan Pulau Laut Tengah tepatnya didesa Salino, yang terdiri dari Samsul Bahri SHI (Ketua Majelis), Achmad Sya'rani SHI dan Adriansyah SHI (Hakim-Hakim Anggota), dengan dibantu oleh Rosehan Rizani S.H dan Abdul Hamid S.H sebagai Panitera Pengganti. Tim Sidang Keliling menempuhnya dengan jalur darat dan memakan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan. Jarak yang cukup jauh antara Pengadilan Agama Kotabaru dengan lokasi tempat digelarnya sidang keliling memang melelahkan, namun Tim Sidang Keliling yang di pimpin oleh Bapak Samsul Bahri SHI selaku ketua majelis, tetap menunjukan ekspresi semangat yang cukup tinggi demi terbantunya masyarakat pencari keadilan yang secara teritorial cukup jauh aksesnya ke Pengadilan Agama Kotabaru.

Setibanya dilokasi rombongan yang terdiri 6 orang tersebut, langsung disambut hangat oleh Hj Melinda Ratna agustina, S.STP,M.IP selaku Plt Camat Pulau Laut Tengah. Setelah melakukan ramah tamah dengan pihak dari Kecamatan Pulau Laut Tengah, persidangan pun mulai dibuka. Selama proses persidangan berlangsung, para pencari keadilan secara khidmat dan tertib menunggu giliran sidang. Jumlah perkara yang disidangan pada sidang keliling kali ini berjumlah 4 perkara. Acara Sidang Keliling di Kecamatan Pulau Laut Tengah pun berjalan sukses tanpa ada hambatan yang berarti.

Selanjutnya, Samsul Bahri SHI selaku Ketua Tim Sidang Keliling. juga menyampaikan bahwa Sidang Keliling di Kecamatan Pulau Laut Tengah telah sukses dilaksanakan beliau juga menjelaskan bahwa sidang keliling yang dilaksanakan di Kecamatan PLT tersebut merupakan kebijakan dari Mahkamah Agung, Republik Indonesia melalui Dirjen Badilag yang kemudian dirumuskan oleh Pengadilan Agama Kotabaru menjadi program kerja tahun anggaran 2018, yang motivasinya, menurut beliau, agar masyarakat pencari keadilan dapat dengan mudah mengakses Jalan. Hal ini dikarenakan jarak yang jauh akan memakan waktu dan biaya yang tidak sedikit, sehingga dengan adanya sidang keliling, para pencari keadilan sangat terbantu untuk menyalurkan hak-hak hukumnya demi mendapatkan keadilan yang mudah, cepat, dan biaya ringan.

Sidang Keliling di Kecamatan PLT, dilaksanakan di Kantor Kecamatan Pulau Laut Tengah. Setibanya dilokasi rombongan yang juga terdiri dari 6 orang tersebut, Tim langsung menuju ke tempat yang telah disediakan. Hal ini karena sudah ada masyarakat pencari keadilan yang menunggu lebih awal jari jadwal yang sudah ditentukan.

Sidang Keliling yang digelar oleh Pengadilan Agama Kotabaru mendapat respons yang positif dari masyarakat pencari keadilan. Mereka sangat terbantu dengan adanya sidang keliling, karena jarak yang jauh antara Kecamatan PLT  dengan Pengadilan Agama Kotabaru sangat memakan waktu dan biaya. Hal ini menyebabkan banyak masyarakat yang karena keterbatasan dana, transportasi, dan waktu, sangat sulit untuk mendapatkan akses keadilan. Namun, dengan adanya sidang keliling ini, masyarakat dengan sangat mudah dan tidak memakan biaya terlalu banyak, dapat menyalurkan hak-hak hukumnya untuk mendapatkan keadilan dari lembaga pengadilan. Warga mayasrakat sangat berharap sidang keliling ini bisa tetap dilakukan oleh Pengadilan Agama Kotabaru