Seputar Peradilan

Perkembangan Teknologi yang semakin melesat menjadikan semakin banyak teknologi baru yang terus bermunculan. Sehingga pengguna teknologi itu sendiri dengan mudah mengakses teknologi tersebut

Senin, 15 Oktober 2018, bertempat di Aula Pengadilan Agama Kotabaru. Dalam kesempatan ini Meluncurkan SIMPA (Sistem Monitoring Pengadilan Agama) dan SKM (Surat Keluar Masuk) yang akan diterapkan di Pengadilan Agama Kotabaru.

SIMPA (Sistem Monitoring Pengadilan Agama) dan Aplikasi Antrian Pelayanan serta Persidangan

Simpa adalah Aplikasi yang dibuat untuk membantu pengawasan evaluasi kinerja SIPP yang dapat dipantau dengan mudah. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk antrian pelayanan dan antrian Persidangan yang lebih mudah dan efisien. Aplikasi ini dibangun oleh tim IT Pengadilan Agama Kotabaru yang kedepannya akan terus dikembangkan agar lebih baik.

Untuk fitur dari SIMPA itu sendiri memiliki halaman utama yang dapat memonitoring beberapa hal penting dari kinerja Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP).

 

Fitur selanjutnya bisa ditemukan pada menu Navigasi yang terdapat di menu. Seperti menu Penerimaan, penetapan, putusan, status persidangan keuangan dan antrian pelayanan.

Dengan Aplikasi ini admin dapat memantau hal-hal sebagai berikut :

  1. Perkara tidak ada para pihak dan tidak ada file petitum
  2. Perkara belum penetapan (PMH, PP, PJS, PHS)
  3. Perkara Putusan belum minutasi, tidak ada file Putusan atau file anonimisasi
  4. Menghapus atau mengubah system direktori Putusan gagal
  5. Status persidangan yang jadwal tundaannya belum dimasukkan, atau

         sudah putus namun belum dimasukkan di SIPP

  1. Dapat mencetak Pengembalian sisa Panjar dan jurnal keuangan Perkara
  2. Antrian Pelayanan serta antrian persidangan
  3. Evaluasi mingguan, bulanan dan tahunan

Adapun aplikasi masih dalam tahap perkembangan dan diharapkan nantinya Akan terus berkembang menjadi aplikasi yang lebih berguna untuk Pengadilan Agama.

Halaman Status sidang sudah lewat tanggal sidang

Halaman Perkara belum minutasi

Halaman Status direktori putusan

Halaman display Antrian

 

Halaman Untuk Memangil antrian realtime

Halaman untuk input data antrian

 

SKM (Surat Keluar Masuk)

Halaman tampilan SKM (Surat Keluar Masuk)

 Aplikasi SKM dibuat untuk memudahkan penyimpanan arsip surat keluar dan surat masuk Pengadilan Agama.

 

Dalam kesempatan ini Ketua Pengadilan Agama Kotabaru, Hj.Aslamiah S,Ag M.H di temui di ruang kerja. mengatakan dengan adanya Aplikasi ini beliau berharap dapat dimanfaatkan dengan baik dan dapat menambah semangat kerja karyawan karyawati Pengadilan Agama Kotabaru

Kemudian Kemunculan Aplikasi tersebut juga diterima dengan baik di Pengadilan Agama Kotabaru, dengan adanya Aplikasi SIMPA, pekerjaan menjadi lebih cepat. Ditemui di ruang kerja kepaniteraan mengatakan kemunculan Aplikasi ini sangat membantu kinerja kami dan untuk kedepannya mudahan Pengadilan agama Kotabaru lebih maju.