List Berita Pengadilan Agama Kotabaru

Syafiq - 2022-07-05

Penandatanganan Kerjasama antara Pengadilan Agama Kotabaru, Dinas Kesehatan Kab. Kotabaru dan Dinas Dukcapil Kab. Kotabaru

Senin, 04 Juli 2022 - Pengadilan Agama Kotabaru kedatangan tamu istimewa dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kotabaru dan Dinas Dukcapil Kabupaten Kotabaru. Kedatangan ini mempunyai maksud yang sangat baik yaitu sebagai bentuk kerjasama dalam memberikan pelayanan yang optimal bagi masyarakat yang ada diwilayah hukum Kabupaten Kotabaru. Acara ini diadakan di Ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Kotabaru yang di adakan secara resmi sebagai bentuk kerjasama dan penandatanganan.

Bentuk kerjasama ini meliputi bagian persyaratan dalam berperkara di Pengadilan Agama Kotabaru dan juga mempermudah dalam pencatatan status kependudukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kotabaru. Acara ini dumulai pada pukul 15. 00 WITA dan berakhir pada pukul 17.00 WITA. Acara diawali dengan sambutan dari moderator yang dilanjutkan dengan pembacaan doa serta sambutan dari Ketua Pengadilan Agama Kotabaru, Bpk. H Riduan, S.Ag. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan arahan arahan dari Para Kepala Dinas dimasing - masing Instansi untuk mensosialisasikan kerjasama ini. 


Pengadilan Agama Kotabaru melakukan kerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kotabaru dalam bentuk Layanan Pemeriksaan Kesehatan Anak Dalam Perkara Permohonan Dispensasi Kawin pada Pengadilan Agama Kotabaru serta kerjasama Pelaksanaan Akeselerasi Pelayanan Terintegrasi Melalui Inovasi "Pasti Caper" ( Perubahan Status Kependudukan Terintegrasi Pasca Perceraian ). Penandatanganan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kotabaru, Bpk. Said Rizani Fahrani dan juga Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kotabaru, Ibu Suprapti Tri Astuti serta perwakilan dari Pemda Kabupaten Kotabaru, Ibu Hj Melinda. Penandatanganan ini berlansung dengan khidmat dan acara tersusun dengan rapih.


Dengan adanya penandatangaan ini kami dari Pengadilan Agama Kotabaru, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan Dinas Kesehatan Kabupaten Kotabaru serta Pemda Kabupaten Kotabaru terus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang berada diwilayah Kabupaten Kotabaru. Semoga kedepannya kami dapat terus meningkatkan dan mengoptimalkan pelayanan bagi masyarakat Kabupaten Kotabaru. Kamipun terus berupaya memberikan inovasi - inovasi untuk mempermudah masyarakat yang berada di wilayah Kabupaten Kotabaru



Syafiq - 2022-07-01

Penutupan Magang Mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin


Kamis, 30 Juni 2022 - Pengadilan Agama Kotabaru mengadakan penutupan acara magang dari anak - anak Mahasiswa dari UIN Antasari Banjarmasin. Acara ini dimulai pada pukul 10. 00 WITA yang di wakili oleh Dosen dari UIN Antasari Banjarmasin dan Sekretaris Pengadilan Agama Kotabaru, Bpk. Muhammad Yusuf, S.H. Mahasiswa magang dari UIN Antasari Banjarmasin ini berjumlah 8 orang dengan 3 perempuan dan 5  laki - laki.

Acara dimulai dengan pembacaan doa oleh Sekretaris Pengaduilan Agama Kotabaru, Bpk. Muhammad Yusuf, S.H dan dilanjutkan dengan pengarahan serta ucapan terimakasih yang sebesar - besarnya kepada Mahasiswa magang dari UIN Antasari Banjarmasin karna telah berupaya untuk membantu kegiatan operasional di Pengadilan Agama Kotabaru. Kegiatan juga dilanjutkan dengan arahan serta ucapan syukur dari Dosen UIN Antasari Banjarmasin karna Mahasiswa magang ini telah menyelesaikan tugasnya dengan baik di Pengadilan Agama Kotabaru. Acara dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat oleh Panitera Pengadilan Agama Kotabaru, Ibu Ridhiaweniaty, S.H kepada masing - masing Mahasiswa dari UIN Antasari Banjarmasin. Tak lupa kami atas nama Pengadilan Agama Kotabaru mengucapkan terimakasih sebesar - besarnya kepada Mahasiswa dari UIN Antasari Banjarmasin karna telah membantu secara maksimal di Pengadilan Agama Kotabaru. Acara dilanjutkan dengan foto bersama kepada masing - masing perwakilan dari Pengadilan Agama Kotabaru, Dosen UIN Antasari Banjarmasin dan seluruh Mahasiswa magang dari UIN Antasari Banjarmasin.

Langkah kerjasama ini juga sebagai bentuk kepedulian Pengadilan Agama Kotabaru kepada masyarakat dan generasi penerus bangsa agar terus dapat belajar banyak hal terutama semua yang berkaitan di Pengadilan Agama pada umumnya. Lngkah ini juga sebagai pembelajaran bagi Mahasiswa untuk mengetahui mekanisme persidangan dan berperkara pada Pengadilan Agama. Semoga dengan adanya upaya ini dapat memberikan pengetahuan dan pengalaman bagi anak anak Mahasiswa yang telah magang di Pengadilan Agama Kotabaru


Syafiq - 2022-06-24

Kerja Bakti di Pengadilan Agama Kotabaru

Jumat, 24 Juni 2022 - Menindaklanjuti hasil rapat seminggu yang lalu, Pengadilan Agama Kotabaru bertekad untuk meningkatkan kebersihan lingkungan kantor lewat kerja bakti. 

Kerja bakti dilaksanakan pada hari Kamis 24 Juni 2022 dan diikuti seluruh Pegawai Pengadilan Agama Kotabaru beserta anak - anak magang dari UIN Antasari Banjarmasin. Kegiatan diawali dengan membersihkan halaman depan, halaman samping, halaman belakang serta bagian dalam kantor baik lantai 1 (satu) maupun lantai 2 (dua).

Dengan diadakannya kegiatan ini juga diharapkan akan muncul rasa kebersamaan dan sikap sosial tanpa pamrih dari masing-masing individu guna mendukung koordinasi di lingkungan kerja. Pada kesempatan rapat umum Pengadilan Agama Kotabaru pula Ketua PA Kotabaru menghimbau agar kegiatan seperti ini bisa rutin dilaksanakan, karena disamping bisa ikut menyehatkan jasmani juga dapat melepaskan kepenatan setelah beraktifitas di ruangan kantor. 

 

Seluruh pegawai yang ikut dalam kerja bakti tersebut juga menyebutkan bahwa kegiatan kerja bakti ini merupakan media yang cocok untuk saling mengakrabkan diri dengan sesama karyawan yang tidak bisa dilakukan ketika sedang bekerja di dalam ruangan. Karena dalam kegiatan ini terdapat suasana dimana tidak ada sekat antara atasan atau bawahan, pejabat dengan staf, atau pun hakim dengan karyawan biasa, semuanya bekerja sama untuk membersihkan lingkungan kantor. Dan lewat kerja bakti ini juga diharapkan dapat menjadi sarana untuk menjaga kekompakkan, serta menambah kenyamanan kerja bagi seluruh pegawai, yang secara tidak langsung juga akan berdampak pada peningkatan kinerja Pegawai PA Kotabaru.


Syafiq - 2022-06-20

Sosialisasi Aplikasi E-Sadewa Fitur Pengadaan Barang Sub - Evaluasi Pengadaan Barang

Senin, 20 Juni 2022 - Pengadilan Agama Kotabaru mengikuti sosialisasi aplikasi E-Sadewa fitur pengadaan barang sub-evaluasi pengadaan barang yang dselenggarakan oleh Biro Perencanaan dan diikuti seluruh satker yang ada dibawah Mahkamah Agung RI. Pengadilan Agama Kotabaru sendiri diwakili oleh Sekretaris Pengadilan Agama Kotabaru, Bpk. Muhammad Yusuf, S.H yang juga selaku Kuasa Pengguna Anggaran di Pengadilan Agama Kotabaru. Acara dimulai pada pukul 9.00 WIB atau 10.00 WITA yang dibuka dengan membacakan doa dan dilanjutkan sambutan oleh Kepala Biro Perencanaan Mahkamah Agung RI, Ibu. Rofiah, S.H., M.H. Selanjutnya, acara diteruskan dengan sosialisasi fitur pengadaan barang yang ada pada aplikasi E-Sadewa yang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari seluruh satker.

Untuk diketahui, aplikasi E-Sadewa itu sendiri adalah merupakan transformasi dari aplikasi SIPERMARI yang sebelumnya telah diberlakukan dengan Keputusan Ketua Mahkamah Agung Nomor 99/KMA/SK/VII/2019 tentang Pemberlakuan Aplikasi Sistem Informasi Perlengkapan Mahkamah Agung Republik Indonesia. Dalam aplikasi ini terdiri dari beberapa fitur yang berkaitan dengan aset dan pengadaan pada tiap - tiap satuan kerja. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini dapat mempermudah dalam memonitoring setiap aset maupun pengadaan yang sedang dilakukan pada setiap satuan kerja.

Mahkamah Agung dalam hal ini berkomitmen untuk terus mengembangkan serta meningkatkan kemudahan dalam setiap pekerjaan salah satunya dengan terus berinovasi yang nantinya berdampak pada perbaikan pelayanan kepada maskarakat pada umumnya. Visi ini pun sejalan dengan Pengadilan Agama Kotabaru yang merupakan bagian dari Mahkamah Agung RI ataupun satuan kerja dibawahnya. Pengadilan Agama Kotabaru terus memberikan pelayanan yang optimal bagi seluruh masyarakat yang berperkara di wilayah hukum Kab. Kotabaru

Berikut foto- foto kegiatan kali ini :



Syafiq - 2022-06-16

Sidang Keliling Pengadilan Agama Kotabaru

Kamis, 16 Juni 2022 - Sebagai komitmen untuk terus meningkatkan pelayanan dan optimalisasi pelayanan, Pengadilan Agama Kotabaru melaksanakan kegiatan sidang keliling. Sidang keliling adalah sidang pengadilan yang dilaksanakan di luar gedung pengadilan yang di peruntukan bagi masyarakat yang mengalami hambatan untuk datang ke kantor pengadilan karena alasan jarak, transportasi dan biaya. 

Kali ini bertempat di Desa Tegalrejo, Kab. Kotabaru. Sidang keliling kali ini dilaksankan dengan jumlah total ada 5 perkara sidang cerai. Sidang dimulai pada pukul 09.00 Wita. Sidang berlangsung dengan khidmat dengan dihadiri penggugat, tergugat dan saksi.  Susunan tim sidang kali ini terdiri dari :

- H Riduan, S.Ag (Ketua Pengadilan Agama Kotabaru)

- Azhar Nur Fajar Alam, S.H (Hakim Pengadilan Agama Kotabaru)

- Ahmad Fajar, S.H.I (Panmud Hukum Pengadilan Agama Kotabaru)

- H Akhmad Gazali, S.H.I (Panmud Gugatan Pengadilan Agama Kotabaru)

- Riza Pahlevi (Jurusita Pengadilan Agama Kotabaru)

- Muhammad Fitri, S.Pd.I (PPNPN Pengadilan Agama Kotabaru)

Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan dan dapat mengoptimalisasi pelayanan yang ada di Pengadilan Agama Kotabaru. Pengadilan Agama Kotabaru terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat di wilayah Kab. Kotabaru.

Berikut foto kegiatan ini :


Syafiq - 2022-06-15

Zoom Meeting Monitoring dan Evaluari Kinerja Anggaran Tahun 2022 Pada Pengadilan Agama Se-Wilayah Kalimantan Selatan.

Rabu, 15 Juni 2022 - Pengadilan Agama Kotabaru mengikuti zoom mengenai Monitoring dan Evaluasi Anggaran Tahun 2022 pada Pengadilan Agama Se-Wilayah Kalimantan Selatan yang diadakan oleh Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin sebagai Pengadilan Tingkat Banding di wilayah Kalimantan Selatan ini. Acara dimulai pada pukul 8.30 Wita dan Berakhir pada pukul 11.00 Wita. Pengadilan Agama Kotabaru sendiri diwakili oleh Panitera Pengadilan Agama Kotabaru, Ibu Ridhiaweniaty, S.H, Sekretari Pengadilan Agama Kotabaru, Bpk. Muhammad Yusuf, S.H, KasubBag Umum & Keuangan Pengadilan Agama Kotabaru, Bpk. Achmad Baihaqi, S.H, dan Analis Pengelola Keuangan APBN, Ibu Helda Rahmawaty, S.H.

Acara dipimpin oleh Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin, Bpk. Naffi, S.Ag., M.H. Acara atau kegiatan ini diawali dengan doa dan saling menyapa diantara satuan kerja se-Kalimantan Selatan. Dalam monitoring kali ini juga mengevaluasi masalah dan kendala apa saja yang dihadapi satuan kerja Pengadilan Agama Se-Kalimantan Selatan dalam penyerapan anggaran. Karna masih ada beberapa satuan kerja yang anggarannya belum terserap secara maksimal. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan ditemukannya solusi atas setiap permasalahan atau kendala yang sedang dihadapi satuan kerja. Semoga dengan adanya kegiatan hari ni setiap satker dapat mendapatkan pencerahan atas setiap kendala dan dapat membuat penyerapan secara maksimal agar terciptanya pelayanan yang optimal bagi Para Pencari Keadilan.

Berikut foto- foto kegiatan kali ini :



Syafiq - 2022-06-10

Pengarahan DDTK Pembuatan Surat Gugatan di pengadilan Agama Kotabaru


Jumat, 10 Juni 2022 - Sebagai kepedulian kepada seluruh Pegawai, Pengadilan Agama Kotabaru mengadakan kegiatan pengarahan DDTK dalam pembuatan surat gugatan. Hal ini untuk menambah pengetahuan kepada seluruh Pegawai yang berperan langsung mengenai perkara di Pengadilan Agama Kotabaru dan juga selain itu memberikan pengetahuan kepada seluruh anak magang dari UIN Antasari Banjarmasin yang sedang magang di Pengadilan Agama Kotabaru. Kegiatan ini disambut antusias para Pegawai dan anak - anak magang dari UIN Antasari Banjarmasin yang mengikutinya. Diharapkan kegiatan ini bisa diadakan secara rutin sebagai pengetahuan awal bagi kami khususnya para Pegawai yang bekerja di bawah Lembaga Peradilan.

Kegiatan ini dimulai pada pukul 14.00 Wita dan berakhir pada pukul 16.00 Wita. Kegiatan ini mempunyai narasumber dari Hakim Pengadilan Agama Kotabaru, Bpk. Azhar Nur Fajar Alam, S.H dan juga Bpk. Imaduddin Sakagama, S.H.I. Kegiatan diawali dengan membaca doa bersama dan dilanjutkan tentang sesi pengarahan oleh kedua Hakim Pengadilan Agama Kotabaru tersebut. Acara dilanjutkan juga dengan sesi tanya jawab dan juga sesi quiz yang diadakan oleh narasumber. Diakhir acara teman - teman yang bertugas PPNPN di Pengadilan Agama Kotabaru menjadi pemenang dalam quiz dan hadiah dibagikan pada saat apel di halaman Pengadilan Agama Kotabaru.

Diharapkan kegiatan semacam ini akan terus rutin dilakukan, terlebih lagi kegiatan ini mempunyai manfaat dan dampak yang positif bagi seluruh Pegawai Pengadilan Agama Kotabaru. Langkah ini juga bertujuan untuk terus memberikan pelayanan yang optimal bagi seluruh Pengunjung di wilayah Pengadilan Agama Kotabaru.

Berikut Foto - Foto Kegiatan tersebut :


Syafiq - 2022-06-10

Kegiatan Rutinitas Gotong Royong di Pengadilan Agama Kotabaru


Jumat, 10 Juni 2022 - Pagi yang cerah dihari Jumat pertengahan di Bulan ini membuat semangat untuk melaksanakan kegiatan rutinitas gotong royong ini semakin meningkat. Kegiatan gotong royong ini adalah kegiatan yang rutin dilakukan oleh Pengadilan Agama Kotabaru disetiap hari jumat. Dengan adanya kegiatan ini Pengadilan Agama Kotabaru terus memperhatikan kenyamanan setiap Para Pencari Keadilan maupun masyarakat ataupun tamu yang berkunjung di wilayah Pengadilan Agama Kotabaru. Kegiatan ini rutin dilaksanakan pada pukul 08.00 Wita dan berakhir pada pukul 11.00 Wita.

Kegiatan gotong royong ini mempunyai banyak manfaat diantaranya, selain menjaga kebersihan dan kenyamanan pengunjung adanya kegiatan gotong royong ini meningkatkan semangat kebersamaan dan kolektifitas yang timbul antar Pegawai di lingkungan Pengadilan Agama Kotabaru. Pengadilan Agama Kotabaru ini sendiri selalu berkomitmen untuk terus melaksanakan kegiatan ini seterusnya di setiap hari jumat. Kegiatan gotong royong ini juga dimulai dari ruang kerja Pegawai sampai dengan halaman serta kebersihan lingkungan seluruh wilayah Pengadilan Agama Kotabaru.

Diharapkan dengan adanya Kegiatan gotong royong ini dapat membuat kenyamanan baik antar Pegawai maupun Pengunjung yang sedang berada di lingkungan wilayah Pengadilan Agama Kotabaru serta memberikan banyak manfaat bagi warga Pengadilan Agama Kotabaru.

Berikut foto - foto kegiatan hari ini :


Syafiq - 2022-06-09

Study Banding Pemenuhan Kebutuhan Disabilitas di Pengadilan Agama Martapura


Kamis, 09 Juni 2022 - Dalam rangka memberikan kenyamanan kepada Para Pencari keadilan dan dalam rangka mengoptimalkan pelayanan kepada setiap pengunjung di Pengadilan Agama se-Kalimantan Selatan diadakannya study banding mengenai fasilitas apa saja yang dapat dilakukan dalam memberikan kemudahan akses kunjungan kepada kaum disabilitas, kaum rentan maupun yanmg berkebutuhan khusus. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin, Bpk. Drs. H. Helmy Thohir, M.H. Hal ini tak lepas dengan pelayanan yang ingin ditingkatkan oleh seluruh satuan kerja Pengadilan Agama yang ada di seluruh Kalimantan Selatan.

Acara ini bertempat di Pengadilan Agama Martapura yang dimulai pada pukul 08.00 WITA sampai dengan 16.30 WITA. Seluruh satuan kerja Pengadilan Agama se-Kalimantan Selatan berkoordinasi untuk mewujudkan pelayanan yang optimal tak terkecuali Pengadilan Agama Kotabaru. Hal ini sejalan dengan visi dan misi Ketua Pengadilan Agama Kotabaru, Bpk. H Riduan, S.Ag yang ingin terus selalu meningkatkan pelayanan yang optimal terlebih kepada kaum disabilitas dan kaum rentan. Pada kegiatan kali ini Pengadilan Agama Kotabaru diwakili oleh Ketua Pengadilan Agama Kotabaru, Bpk. H Riduan, S.Ag dan Sekretaris Pengadilan Agama Kotabaru, Bpk. Muhammad Yusuf, S.H. 

Acara koordinasi semacam ini juga memberikan dampak positif dan pengetahuan untuk setiap satker melengkapi fasilitas bagi kaum disabilitas maupun kaum rentan. Dalam acara kali ini dilakukan juga uji coba apakah fasilitas yang sudah diberikan sudah sesuai atau belum. Semoga kedepannya Pengadilan Agama se-Kalimantan Selatan ini dapat terus memberikan fasilitas maupun kebutuhan dalam mempermudah para pencari keadilan yang merupakan kaum disabilitas dan kaum rentan khususnya di Pengadilan Agama Kotabaru.

Berikut foto - foto kegiatan kali ini :


Syafiq - 2022-06-06

Pelantikan Dharmayukti Cabang Kotabaru & Batulicin

Senin, 06 Juni 2022 - Telah diadakannya pelantikan Dharmayukti untuk kepengurusan cabang Kotabaru dan Batulicin yang bertempat di Pengadilan Negeri Kotabaru. Acara dihadiri langsung oleh Ibu Ketua Pengadilan Tinggi Banjarmasin yang dimulai pada pukul 08.00 Wita danberakhir pada pukul 10.00 Wita. Acara berlangsung khidmat dan santai. Dengan adanya kepengurusan yang baru ini diharapkan akan terus membantu dalam pembuatan program - program maupun kegiatan Dharmayukti ini.

Sekedar informasi Dharmayukti Karini itu sendiri adalah merupakan Organisasi Wanita Peradilan yang didirikan pada tanggal 25 September 2002 melalui SK Ketua Mahkamah Agung RI No: KMA/07/SK/II/2002. Organisasi Dharmayukti Karini beranggotakan Para Hakim Wanita, Istri Para Hakim, Istri Para Pejabat Fungsional/Struktural, Para Karyawati dan Istri Para Karyawan di lingkungan Mahkamah Agung RI, Peradilan Umum, Peradilan Agama, Peradilan Tata Usaha Negara, dan Peradilan Militer di seluruh Indonesia.

Visi Dharmayukti Karini

Terwujudnya satu organisasi yang dapat mempersatukan Ibu-Ibu di Mahkamah Agung Republik Indonesia dan seluruh Badan Peradilan di Indonesia.

Misi Dharmayukti Karini

  1. Menjalin keterpaduan dalam langkah dan gerak kegiatan.
  2. Menumbuhkembangkan rasa kebersamaan dan mempererat rasa persatuan dan kesatuan.
  3. Meningkatkan kesadaran berorganisasi bagi seluruh anggota.

foto - foto kegiatan hari ini :


Pimpinan


Statistik Pengunjung