List Berita Pengadilan Agama Kotabaru

Syafiq - 2022-01-17

Pembacaan Yasin yang ditujukan untuk Bpk. Drs. H Bakhtiar Alkaf (Hakim PA Banjarmasin)


Senin, 17 Januari 2022 - Seluruh Pimpinan dan Pegawai Pengadilan Agama Kotabaru membacakan Surat Yasin yang ditujukan untuk Hakim Pengadilan Agama Banjarmasin Bpk. Drs H Bakhtiar Alkaf. Pembacaan yasin ini di mulai pada pukul 08.30 WITA setelah pelaksanaan apel pagi. Pembacaan bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Kotabaru. Sekedar informasi, Bpk Drs. H Bakhtiar Alkaf pernah menjabat sebagai Ketua Pengadilan Agama Kotabaru pada periode 2008 - 2014. Di masa jabatannya beliau banyak membantu perkembangan di Pengadilan Agama Kotabaru termasuk dengan pendirian gedung baru Pengadilan Agama Kotabaru yang berada di Jalan Raya Stagen Km.10. Beliau dikenal sebagai sosok yang sangat baik serta tegas di lingkungan dimana beliau berada. Semoga arwah beliau ditempatkan di sisi terbaik Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran serta ketabahan. Aamiin yaa Rabbalalaamiin.

Berikut dokumentasi kegiatan ini :


Syafiq - 2022-01-13

Penandatanganan Kontrak Kerja untuk POSBAKUM


Kamis, 13 Januari 2021 - Ketua Pengadilan Agama Kotabaru, Bpk H Riduan, S.Ag beserta Sekretaris Pengadilan Agama Kotabaru Bpk. Muhammad Yusuf, S.H menandatangani perjanjian kerjasama untuk POSBAKUM (Pos Bantuan Hukum) yang rencananya akan diadakan di Pengadilan Agama Kotabaru. Penandatanganan ini dilakukan di Kampus UIN Antasari Banjarmasin antara perwakilan Pengadilan Agama Kotabaru dan perwakilan dari Lembaga Konsultasi Bantuan Hukum (LKBH) Fakultas Syariah UIN Antasari Banjarmasin. Rencananya kontrak kerja ini akan berjalan setahun di Pengadilan Agama Kotabaru. Pada acara penandatanganan ini juga di hadiri oleh perwakilan dari Pengadilan Agama Pelaihari dan Pengadilan Agama Marabahan yang juga direncanakan bekerjasama dengan LKBH Fakultas Syariah UIN Banjarmasin. Acara dimulai pada pukul 08.00 WITA. Semoga dengan adannya Pos Bantuan Hukum ini dapat meningkatkan dan mengoptimalkan pelayanan yang ada di Pengadilan Agama Kotabaru .

Berikut foto - foto kegiatan hari ini :


Syafiq - 2022-01-10

Apel Pagi di Senin Pagi


Senin, 10 Januari 2021 - Seluruh Pimpinan dan Pegawain di Pengadilan Agama Kotabaru mengikuti apel pagi di halaman kantor Pengadilan Agama Kotabaru. Bertindak sebagai Pembina yaitu Ketua Pengadilan Agama Kotabaru, Bpk. H Riduan, S.Ag dan di pimpin oleh Jurusita Pengadilan Agama Kotabaru Bpk Anang Rahman. Apel dimulai pada pukul 08.00 WITA. Dalam apel ini tidak henti - hentinya Bapak Ketua Pengadilan Agama Kotabaru selalu mengingatkan dalam membeikan pelayanan yang optimal kepada seluruh masyarakat di Pengadilan Agama Kotabaru, terlebih masih suasana di awal tahun dengan tahun baru dan semangat baru. Semoga kedepannya Pengadilan Agama Kotabaru dapat terus meningkatkan dalam segala bentuk pelayanan yang ada di Pengadilan Agama Kotabaru.

Berikut foto kegiatan hari ini :


Syafiq - 2022-01-04

Penandatanganan Pakta Integritas


Senin, 3 Januari 2022 - Diawal tahun yang baru ini Seluruh Pimpinan dan karyawan di Pengadilan Agama Kotabaru menandatangani pakta integritas. Pakta ini bertujuan untuk terus meningkatkan integritas dan berjanji untuk tidak terlibat dalam korupsi, kolusi dan nepotisme di wilayah hukum Pengadilan Agama Kotabaru. Pakta ini dibacakan bersama oleh seluruh pegawai Pengadilan Agama Kotabaru yang dipimpin oleh Ketua Pengadilan Agama Kotabaru, Bpk H Riduan, S.Ag. Dengan adanya Pakta ini seluruh warga Pengadilan Agama Kotabaru berkomitmen untuk terus bekerja keras dan meningkatkan integritas pekerjaan di Pengadilan Agama Kotabaru.

Berikut foto - foto kegiatan kemarin :



Syafiq - 2021-12-30

Pembinaan Ketua PTA Banjarmasin dan Jajaran di Pengadilan Agama Kotabaru


Senin, 27 Desember 2021 - Kunjungan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin ke Pengadilan Agama Kotabaru dalam rangka pembinaan. Adapun mengecek kesiapan Pengadilan Agama Kotabaru dalam memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Kotabaru. Dengan adanya pembinaan ini para Pemimpin dan karyawan Pengadilan Agama Kotabaru dapat mempelajari dan bertanya untuk hal - hal apa saja yang menjadi masalah di sekitar wilayah Pengadilan Agama Kotabaru untuk mendapatkan solusi dalam penanganannya. Acara dimulai pada pukul 08.00 WITA yang di hadiri dan dibuka oleh Ketua Pengadilan Agama Banjarmasin langsung Bpk, Drs H Helmy Thohir, M.H . Semoga dengan adanya pembinaaan ini dapat memperbaiki hal - hal yang masih kurang di wilayah Pengadilan Agama Kotabaru.


Berikut galeri foto hari ini :



Syafiq - 2021-12-25

Sosialisasi Ecourt, E-Litigasi dan Posbakum

Jumat, 25 Desember 2021 - Pengadilan Agama Kotabaru mengundang para Advokat yang ada di wilayah Kabupaten Kotabaru untuk mengikuti sosialisasi tentang e Court, e Litigasi dan Posbakum yang ada di Pengadilan Agama Kotabaru. Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini seluruh Advokat yang ada di wilayah Kabupaten Kotabaru dapat mengerti dan memahami tentang alur kerja tersebut. Acara ini dimulai pada pukul 8.30 WITA dan berakhir pada pukul 11.30 WITA. Sosialisasi ini di sampaikan oleh para Pimpinan dan Hakim yang ada di Pengadilan Agama Kotabaru diantaranya :

- Bpk H Riduan, S.Ag (Ketua Pengadilan Agama Kotabaru)

- Ibu Siti Fatimah S.H.I., M.H (Wakil Ketua Pengadilan Agama Kotabaru)

- Bpk Imaduddin Sakagama, S.H.I (Hakim Pengadilan Agama Kotabaru)

- Bpk Azhar Nur Fjar Alam, S.H (Hakim Pengadilan Agama Kotabaru)

Acara ini diikuti dengan khidmat dengan penjelasan yang baik dari para narasumber yang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab serta membahas apa saja yang menjadi acuan pada e Court, e Litigasi dan Posbakum tersebut. Semoga dengan adanya sosialisasi ini semua Advokat dapat memahami cara kerja dan dapat mempermudah dalam pendaftaran perkara maupun apapun yang berkaitan dengan perkara di Pengadilan Agama Kotabaru

Berikut beberapa foto foto acara tersebut :


Syafiq - 2021-12-20

Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun 2022

Senin, 20 Desember 2022 - Pengadilan Agama Kotabaru yang diwakili oleh Sekretaris Pengadilan Agama Kotabaru mengikuti acara Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Aggaran (DIPA) Tahun 2022, acara ini diselenggarakan oleh KPPN Kabupaten Kotabaru dan diikuti seluruh Instansi atau Satuan Kerja yang berada di w di wilayak Kabupaten Kotabaru. Pada tahun 2021 ini, Pengadilan Agama Kotabaru juga meraih penghargaan juara ketiga untuk kategori Revisi Halaman 3 DIPA. kedepannya Pengadilan Agama Kotabaru akan terus mengoptimalkan dan lebih bekerja keras lagi untuk mempertahankan dan memperbaiki kekurangan - kekurangan.

Berikut arsip foto kegiatan hari ini :


Syafiq - 2021-12-20

Apel Pagi dan pengumuman pemberian penghargaaan kepada Pengadilan Agama Kotabaru oleh PTA Banjarmasin

Senin, 20 Desember 2021 - Apel rutin yang biasa dilakukan setiap senin pagi ini, kali ini tampak berbeda dengan adanya acara pengumuman pemberian penghargaan yang didapat oleh Pengadilan Agama Kotabaru dari Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin. Dalam hal ini, Pengadilan Agama Kotabaru meraih 2 Penghargaan yang diberikan dengan kategori juara 1 Penghargaan 5R dan juara 3 untuk kategori revisi halaman 3 dipa. Untuk penghargaan juara 1 5R ini diwakili oleh teman - teman dari PPNPN dan juara 3 diwakilkan oleh Ibu HJ Helda Rahmawaty, S.H sebagai Analis APBN. Semoga kedepannya Pengadilan Agama Kotabaru bisa lebih banyak mendapatkan penghargaan lagi dan juga dapat mempertahankan penghargaan yang sudah diraih.

Berikut foto - foto kegiatan hari ini :



Syafiq - 2021-12-20

Kejutan di sela - sela Familly Gathering Pengadilan Agama Kotabaru

Minggu, 20 Desember 2021 - Pengadilan Agama Kotabaru mengadakan Familly Gathering di Pantai Gedambaan, Kab. Kotabaru. Acara ini di agendakan untuk mempererat silaturahmi antar keluarga di keluarga besar Pengadilan Agama Kotabaru. Acara ini berlangsung meriah dengan banyak games - games yang diberikan. dan Doorprize yang bermanfaat. Acara ini dimulai pada pukul 08.00 WITA dan berakhir pada pukul 14.00 WITA. Acara di mulai dengan adanya games cerdas cermat yang diikuti teman - teman dari PPNPN yang berisi pertanyaan tentang ZI, APM dan seberapa kenal mereka dengan Pengadilan Agama Kotabaru. Disela - sela acara familly Gathering ini ada pula kejutan untuk Ketua Pengadilan Agama Kotabaru, Bapak H Riduan S,Ag yang berulang tahun yang semakin membuat acara ini semakin meriah.

Berikut Foto - foto kegiatan ini :



Syafiq - 2021-12-17

Pengadilan Agama Kotabaru turut serta mengikuti Pembinaan Teknis Yudisial Mahkamah Agung RI Kamar Agama

Jumat, 17 Desember 2021 - Pengadilan Agama Kotabaru turut serta mengikuti Pembinaan Teknis Yudisial Mahkamah Agung RI Kamar Agama yang di selenggarakan di Hotel Sangrilla Surabaya melalui zoom meeting. Acara ini dimulai pada pukul 8.00 WIB yang mengagendakan tentang masalah - masalah yang terjadi di pengadilan seperti misalnya :

1. TEMUAN DALAM PENANGANAN PERKARA EKONOMI SYARIAH

•Pada petitum gugatan sengketa ekonomi syariah tidak ada menuntut (menyebutkan) pembatalan akad dan penetapan utang yang sudah dibayar. Penggugat hanya menuntut Tergugat telah melakukan Perbuatan Melawan Hukum (PMH) dan menghukum Tergugat untuk membayar ganti rugi kepada Penggugat karena akad tidak sah;

•Akan tetapi oleh Judex Facti tingkat banding menguatkan putusan tingkat pertama yang menolak gugatan Penggugat dan mengadili sendiri dengan menyatakan akad batal dan menetapkan sejumlah uang yang sudah dibayar Penggugat kepada Tergugat, padahal gugatan Perbuatan Melawan Hukum (PMH) telah dinyatakan ditolak.


2. KESALAHAN PEMBUATAN BAS

a.Pemeriksaan saksi yang satu dengan yang lainnya sama persis, bahkan juga terhadap saksi Tergugat, sehingga terkesan copy paste saja (dikeluhkan para pihak dalam upaya kasasi)

b.Faktanya sidang dilakukan secara terbuka sebanyak 10 kali, akan tetapi diketik dalam BAS sidang tertutup, oleh Majleis Hakim tingkat banding dinyatakan batal demi hukum tanpa meminta klarifikasi kepada PA, akibatnya para pihak mengeluh mengapa kesalahan dilkukan oleh PA, akan tetapi yang dirugikan adalah para pihak.

3. UPLOAD PUTUSAN

Dalam perkara perceraian sidang dilakukan tertutup untuk umum, akan tetapi ditemukan pada saat upload putusan ke Website/Direktori Putusan identitas para pihak ditulis secara lengkap (seharusnya sudah dianonimasi), akibatnya banyak para pihak yang complain karena nama dan alamat para pihak muncul di Direktori Putusan.

4. BEBERAPA HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM PENANGANAN PERKARA

SEMA Nomor 10 Tahun 2020, SEMA Nomor 2 Tahun 2019 dan SEMA Nomor 3 Tahun 2018 tentang Pemberlakuan Rumusan Hasil Rapapt Pleno Kamar agar dipedomani oleh hakim dalam memutus perkara, terutama:

a.Permohonan/Gugat Cerai anggota TNI/Polri.

b.Menyatakan pembagian gaji bagi PNS yang bercerai sesuai sesuai PP Nomor 10 Tahun 1983

c.Alasan perceraian dengan indikator broken marriage harus benar-benar telah terbukti secara nyata, bukan berdasarkan kesimpulan hakim semata

Berikut foto - foto kegiatan ini :


Pimpinan


Statistik Pengunjung

Pemda Kotabaru